Kamis, 06 Maret 2014

Membangun Kebiasaan Menabung


"We are what we repeatedly do, excellence then is not an act. Its a habit" Aristoteles

"Kita adalah apa yang kita lakukan berulang-ulang. Oleh karena itu, kesempurnaan bukanlah sebuah tindakan. Kesempurnaan adalah sebuah kebiasaan" Aristoteles

Akhir-akhir ini saya banyak memposting tulisan mengenai pentingnya mengelola keuangan dengan baik.

Sebelumnya saya sudah menulis mengenai hal tersebut dan anda bisa membacanya kembali di sini:

Pendidikan Mengelola Keuangan

Kenapa Kita Sering Berbelanja Yang Tidak Kita Butuhkan

Bagaimana Saya Merubah Kehidupan Saya


Ada alasan dibalik kenapa saya sering menulis mengenai topik tersebut.

Alasannya sederhana,

Pertama, saya telah berhasil membuktikan kepada diri saya sendiri bahwa saya bukanlah orang yang seperti dulu, yang buruk dalam mengelola keuangan. Namun, melalui waktu yang panjang dan menggunakan berbagai strategi, akhirnya saya bisa berhasil merubah karakter saya dan menciptakan kondisi keuangan yang sehat. Saya bukanlah orang kaya, namun saya merasa jauh lebih baik di banding tahun-tahun lalu dalam kehidupan keuangan saya.


Kedua, dalam pengalaman pribadi saya, saya banyak mendengar, melihat dan merasakan sendiri cerita tentang banyaknya orang yang berkutat dengan kondisi keuangan yang buruk yang disebabkan oleh pengelolaan dan kebiasaan yang buruk.

Ketiga, saya ingin mengingatkan kembali tentang pentingnya memiliki kondisi keuangan yang sehat, di mana sangat berpengaruh terhadap tingkat kebahagiaan anda. Kondisi keuangan yang sehat di sini berarti anda memiliki simpanan rutin, cadangan untuk kemungkinan terburuk dan tanpa berhutang.

Di sini, saya akan menulis bagaimana membangun kebiasaan menyisihkan uang dan apa strategi yang paling efektif untuk menciptakan kondisi keuangan yang sehat,

Anda adalah cerminan dari karakter anda. Karakter anda menentukan tingkat keberhasilan anda dalam mengelola keuangan. Namun, dari mana karakter kita terbentuk?

Karakter kita dibentuk dari kebiasaan-kebiasaan kita yang kita lakukan terus menerus. 

Kebiasaan baik, sulit dilakukan, namun membuat hidup menjadi mudah. 

Sebaliknya, kebiasaan buruk, mudah dilakukan, namun membuat hidup menjadi sulit.

Apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk kita dalam mengelola keuangan?

Anda bisa sebutkan. Mulai dari berbelanja, perilaku konsumtif, berhutang, mengeluarkan lebih banyak dari yang kita dapatkan, kurangnya disiplin diri dan kebiasaan buruk lainnya.

Jadi, kesimpulannya, jika kita ingin merubah karakter kita, kuncinya adalah dengan merubah kebiasaan kita.
Bukan dengan merubah kegiatan-kegiatan yang hanya dilakukan sesekali.

Sekali lagi,

JIKA KITA INGIN MERUBAH KARAKTER KITA, MAKA KITA HARUS MERUBAH KEBIASAAN-KEBIASAAN KITA. BUKAN MERUBAH KEGIATAN-KEGIATAN YANG KITA LAKUKAN SESEKALI.

Permasalahannya, merubah kebiasaan bukanlah perkara mudah. Butuh waktu yang sangat panjang sekali untuk bisa membentuk kebiasaan-kebiasaan baru yang baik. Namun, jika anda fokus dan komitmen serta MEMILIKI STRATEGI YANG AMPUH, hal itu bukanlah hal yang tidak mungkin.

Strategi yang biasa kita lakukan adalah yaitu dengan mencoba merubah secara dramatis dalam tempo yang cepat. Namun kini, anda dan saya tahu, strategi tersebut tidaklah ampuh.

Dengan memulai membuka rekening terpisah dalam jumlah fantastis sebelum menabung, hal ini biasanya hanya berlangsung dalam waktu sementara saja.

Apakah anda ingat beberapa komitmen perubahan yang ingin anda raih dulu? 

Anda merencanakan dengan penuh semangat dan yakin bahwa akan berhasil. Apa yang terjadi seminggu kemudian, sebulan kemudian? Semuanya terlupakan begitu saja,

Lalu bagaimana dan apa strategi yang efektif?

Saya akan berbagi pengalaman dengan anda,

Percayalah, saya sudah mencoba banyak sekali strategi untuk mengelola keuangan dengan baik, dengan membuka rekening baru, arisan, gabung dengan asuransi, menggunakan aplikasi di smartphone dan sebagainya, semuanya gagal total. Hingga akhirnya saya menemukan startegi ampuh berikut,

Merubah kebiasaan hanya bisa dilakukan dalam dosis yang kecil, perlahan-lahan hingga hal tersebut menjadi kebiasaan,

Kenapa harus dengan dosis kecil?

Anda tentu mengira bahwa dosis kecil tidak ada gunanya dan tidak membuat anda bersemangat. 

Anda salah besar. 

Sedikit demi sedikit menjadi bukit adalah prinsip yang harus anda pegang kuat-kuat dan yakini sepenuh hati bahwa itu adalah strategi terbaik.

1. Tuliskan tujuan keuangan anda
Berapa banyak uang yang ingin anda simpan? Berapa besar tabungan yang menurut anda termasuk dalam kategori yang sehat? Bersikaplah rasional, jangan terlalu berambisi dengan menulis angka yang terlalu besar.

2. Tuliskan tujuan keuangan anda pada organizer anda atau pada selembar kertas dan print di tempat yang selalu anda bisa lihat

3. Buat komitmen kecil, setiap hari, berapa banyak uang yang akan anda simpan.
Entah itu di celengan, di bank (jika anda merasa tidak repot), tergantung mana yang paling sesuai dengan anda. Ingat, tujuan kita adalah membangun kebiasaan, jadi jangan hiraukan besarannya.

Tentukan besaran yang kecil, yang anda tidak mungkin gagal untuk melakukannya.

4. Buat catatan atau ceklist atau gunakan aplikasi pengingat pada smartphone anda mengenai kebiasan anda
Anda bisa download secara gratis aplikasi habit streak, life reminder, alarm dan sebagainya yang tujuannya akan mengingatkan anda setiap hari apakah anda sudah menabung atau belum.

5.Jangan sampai terlewat satu haripun, apapun alasannya.
Sesibuk apapun anda, atau dalam kondisi apapun anda pastikan anda selalu berkomitmen untuk melakukan komitmen anda dalam menyisihkan uang

6. Nikmati prosesnya, lupakan mengenai hasil
Jalani tanpa banyak berpikir atau tergoda untuk menggunakannya. Jangan memikirkan hasilnya namun nikmati prosesnya secara menyenangkan

7. Bahagialah dengan apa yang sudah anda miliki
Anda tidak perlu membeli gadget terbaru dengan harga selangit, anda tidak perlu membeli ornamen-ornamen penghias rumah anda. Anda tidak perlu minum kopi di starbucks dengan harga 80.000/cup, anda juga tidak perlu sering makan di restoran mahal. Anda sudah sempurna dan memiliki segalanya.

Nasib kita dibentuk oleh karakter kita. Karakter kita dibentuk oleh kebiasaan-kebiasaan kita. Kebiasan memegang kunci terpenting dalam merubah kehidupan kita.

Siapkah anda menjalani kebiasaan baru anda dalam mengelola keuangan?
Memang merupakan jalan yang panjang untuk ditempuh, tapi percayalah, imbalannya sangat besar sekali.

Semoga bermanfaat,