Jumat, 21 Maret 2014

Yang Terpenting Dalam Hidup



"Most of what we say and we do is not essential. If you can eliminate it, you will have more time and more tranquillity. Ask yourself every moment: "Is this necessary?" Marcus Aurelius

"Sesungguhnya, kebanyakan apa yang kita ucapkan dan lakukan tidaklah penting. Jika anda menghapusnya, maka anda akan menemukan banyak waktu luang dan kedamaian. Tanyakan selalu setiap saat: "Apakah ini penting?" Marcus Aurelius


Hidup itu singkat.
Jalanilah dengan penuh kesungguhan dan jangan biarkan waktu berlalu begitu saja.

Hidup itu hanyalah sebuah perjalanan.
Bekalilah diri dengan amal ibadah dan kebaikan dan hindari menyakiti orang lain.

Anda dan saya tidak bisa mendapatkan semua yang kita inginkan. Namun, ada beberapa hal yang layak dan wajib untuk diperjuangkan.

BAGIAN-BAGIAN PENTING DALAM KEHIDUPAN:

Spiritual
Sejauh mana kedekatan kita dengan Sang Maha Pencipta, karena hanya kepada Nya lah kelak kita akan kembali. Karena hidup ini hanyalah sementara. Apakah anda senantiasa lalai dalam menjalankan ibadah? Berapakah nilai aspek ini dalam kehidupan anda?

Kesehatan
Seberapa baik kita menjaga kondisi kesehatan fisik dan mental kita? Seberapa sering kita mengalami sakit? Seberapa sering kita mengalami stress dan tekanan? Bagaimana kita mengatasinya? Apakah kita sudah cukup baik dalam mengelola pola makan, tidur dan olahraga? Berapakah nilai aspek ini dalam kehidupan anda?

Keuangan
Berapa banyak simpanan yang kita miliki? Berapa banyak utang yang kita miliki? Berapa besar penghasilan kita dibanding pengeluaran kita? Apakah kondisi keuangan kita cukup sehat? Bagaimana kita memperbaiki dan menyehatkan kondisi keuangan kita? Berapakah nilai aspek ini dalam kehidupan anda?

Karir/Pekerjaan
Apakah kita mengerjakan suatu hal yang benar-benar kita cintai? Apakah anda merasa puas dengan apa yang anda kerjakan selama ini? Prestasi apa yang anda banggakan dari pekerjaan anda? Bagaimana anda memperlakukan dan diperlakukan oleh atasan anda? Pekerjaan macam apa yang memuaskan hasrat anda dan memberikan anda kepuasan jiwa? Berapakah nilai aspek ini dalam kehidupan anda?

Hobi/Petualangan
Berapa tempat yang sudah anda datangi? Berapa banyak hal yang sudah anda lakukan yang merupakan hobi dan kecintaan anda? Sudahkah jiwa petualangan anda terpenuhi? Apakah anda sudah melakukan sesuatu yang benar-benar anda cintai dengan sepenuh hati? Berapa banyak waktu yang anda alokasikan untuk mengisi kegiatan ini? Berapakah nilai aspek ini dalam kehidupan anda?

Hubungan
Apakah anda bahagia dengan hubungan yang anda jalin selama ini? Apakah anda masih ingin menjadi single? Kapan anda akan menikah? Siapakah orang yang ingin anda habiskan waktu-waktu anda lebih banyak bersamanya? Siapa yang sungguh-sungguh mencintai dan mendukung anda? Siapa saja orang terpenting dalam kehidupan anda? Siapa saja yang bisa membantu anda dan mau mendengarkan anda di saat anda membutuhkannya? Apakah anda sering bertengkar? Berapakah nilai aspek ini dalam kehidupan anda?

KARAKTER-KARAKTER YANG PALING PENTING:

Kejujuran
Mengatakan apa yang sebenarnya. Melakukan apa yang diucapkan. Berani untuk menjadi diri sendiri dan apa adanya. Tidak mengelabui orang lain dan tidak membohongi serta melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan norma-norma dan aturan yang berlaku. Tidak merugikan orang lain.

Cinta kasih
Menyebarkan kebaikan dan kasih sayang. Menolong orang lain. Meringankan beban dan penderitaan orang lain, mengulurkan tangan semampu kita. Menjadi cahaya bagi kehidupan orang lain. Membuat orang lain menyadari bahwa mereka pernah bisa hidup lebih baik dikarenakan anda ada.


Kepercayaan Diri
Adalah seberapa besar anda mempercayai diri anda. Seberapa besar anda mencintai dan menyayangi diri anda sendiri. Seberapa yakin anda meyakini bahwa anda istimewa, anda hebat dan anda memiliki kekuatan-kekuatan besar untuk menciptakan perbedaan.
Kemampuan untuk berdiri sendiri, tanpa dipengaruhi oleh penilaian dan opini orang lain.

Pelayanan
Memberikan nilai dan manfaat bagi orang lain. Menjadi pelayan bagi orang lain dan kehidupan. Menjadi pelayan Tuhan dan kepanjangan tangan Tuhan untuk menyebarkan kasih Tuhan kepada setiap orang yang anda temui. Melayani.


Kreatifitas
Mengeluarkan potensi dan bakat dalam diri. mengoptimalkan kekuatan dan kelebihan yang telah dianugerahkan Tuhan. Menjadi kreatif dengan menciptakan sesuatu yang baru. Produk baru, cara baru, metode baru agar kehidupan menjadi lebih baik.

Disiplin diri
Mengendalikan diri. Mengekang nafsu dan mengalahkan keengganan, kemalasan, dan keinginan untuk mengambil jalan pintas.Disiplin diri adalah kualitas dari segala kualitas dan kunci dalam segala keberhasilan.
Taklukkan diri sendiri, maka anda dan saya telah berhasil menaklukkan dunia ini. Peperangan terbesar selalu peperangan melawan diri sendiri.

Kualitas
Selalu memberikan yang terbaik dalam segala hal yang kita lakukan. Mengejar kesempurnaan dalam kualitas dan mutu. Berikan semaksimal mungkin semua yang kita miliki pada segala hal yang kita kerjakan.

Fokus
Mengerjakan satu demi satu dari setiap tugas atau kegiatan. Mengarahkan pandangan, konsentrasi dan kekuatan untuk satu tujuan pasti sebelum berpindah ke tujuan atau tugas lainnya.

Kepemimpinan
Menginspirasi orang lain. Membantu orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Mengubah orang lain dengan kekuatan pengaruh dan wibawa yang anda miliki sehingga orang lain menjadi sosok yang lebih baik.

Persahabatan
Miliki satu atau dua orang sahabat sejati dalam kehidupan anda. Berikan segalanya seperti layaknya seorang saudara sedarah sedaging. Teman satu perjuangan, yang memiliki visi yang sama, yang menghindari menghakimi atau megkritik. Mendengarkan dengan seksama dan membantu dalam kesesakkan.

Kesederhanaan
Sederhanakan dalam segala hal. Sederhanakan tugas anda. Sederhanakan komitmen anda. Sederhanakan barang-barang yang anda miliki. Sederhanakan meja kerja anda. SederhanakanSederhanakan pengeluaran anda. Buat segalanya menjadi simpel dan elegan.
Kesempurnaan diraih dengan jalan kesederhanaan. Kurangi dan kurangi.

Perkembangan dan Pertumbuhan
Diraih dengan belajar, bertanya, mengasah keingintahuan, membaca, mendalami dan berlatih serta mempraktekkan apa yang diketahui.

Di zaman modern dan era digital saat ini, pikiran kita mudah sekali dialihkan oleh hal-hal yang tidak penting. Era informasi, di mana kita disediakan informasi melimpah, mulai dari televisi, internet hingga social media
Belum lagi masalah pekerjaan, tugas dan daftar komitmen yang harus kita lakukan.

Sudah saatnya bagi kita untuk berhenti sejenak dan memikirkan apa yang benar-benar penting dalam hidup kita.

Sisihkan waktu sejenak untuk memikirkannya dan menata ulang apa yang sebenarnya penting bagi kita.

Hal-hal di atas adalah bagian-bagian esensial dalam kehidupan kita yang wajib kita jaga keseimbangannya.

Bagaimana dengan anda? Apakah sudah mengetahui apa saja yang penting dalam hidup anda?

Semoga bermanfaat,