Jumat, 15 Agustus 2014

Jika Waktu Yang Kita Miliki Hanya Satu Bulan Lagi



"Saya ingin hidup seperti apa yang musim semi lakukan terhadap pepohonan"

Beberapa hari ini pikiran saya tidak bisa terlepas dari kejadian mengejutkan, meninggalnya sahabat saya Nur Rohman, seorang seniman lukis yang meninggal di usia muda karena gagal jantung.

Rohman adalah sahabat saya semasa SMA, dan selepas tahun 2001, kami tidak pernah bertemu lagi sampai akhirnya salah satu temannya menceritakan berita duka yang menimpanya sebulan yang lalu.

Betapa waktu sangat terbatas dan betapa waktu sangat berharga, melebihi apapun di dunia ini. Betapa kehidupan itu sangat sarat makna dan berharga. Dan betapa kita terkadang lupa menyadari dan mensyukuri hal tersebut. Kita larut dalam kesibukan dan kita lupa memaknai apa yang paling penting bagi kita.

Bayangkan jika sekarang anda hanya memiliki waktu satu bulan untuk hidup. Apa yang akan anda lakukan?

Anda bisa menggunakan sisa waktu tersebut dengan cara menghabiskan waktu bersama orang-orang yang paling anda sayangi di dunia ini dalam kehidupan anda. 


Membelai lembut setiap helai rambut mereka, mengecup manis bibir mereka dan memberikan pelukan terhangat di dunia. Memperhatikan dengan baik saat berbicara dengan mereka, mendengarkan mereka dengan seksama, memperlakukan mereka dengan lembut dan penuh kasih sayang.

Anda bisa juga menghabiskan sisa waktu anda yang berharga dengan pergi ke suatu tempat, mengeksplorasi dunia, berenang, melangkahkan kaki anda pada kerikil, berpetualang serta melakukan hal yang selama ini anda tunda-tunda. 

Anda bisa juga menghabiskan waktu dengan belajar, membaca banyak buku dan mempelajarinya sendiri.

Anda bisa juga menghabiskan waktu yang anda miliki dengan menciptakan suatu karya, suatu seni, lagu, tulisan, lukisan, video, sebuah warisan untuk dunia yang akan anda tinggalkan. 

Suatu karya yang penuh makna dan cinta yang memberikan manfaat bagi orang-orang di sekeliling anda. Anda bisa memberikan kebahagiaan bagi orang lain dan menciptakan perbedaan.

Apapun yang anda lakukan, pilihan di atas memberikan anda pilihan tak terbatas dan penuh dengan makna untuk menggunakan sisa waktu hidup anda dalam satu bulan.

Apa yang tidak berharga dan tidak berguna, menurut saya adalah anda menghabiskan waktu anda duduk menonton TV tanpa makna, bergosip, terus menerus hidup dalam dunia maya dan social media. 

Menjadi orang egois dan kejam atau menjadi seorang bajingan, menyakiti orang lain, tidak memberi perhatian dan memberikan waktu untuk keluarga anda. Menyesali masa lalu anda, hidup dalam kekhawatiran dan kecemasan.

Tapi bagaimanapun,

Ini adalah hidup anda dan anda yang memiliki pilihan mutlak untuk pilihan mana yang akan anda ambil.

Buatlah pilihan hari ini, sekarang juga. Karena anda tidak banyak memiliki waktu.

Setiap detik sangat berharga, terbatas dan perlahan-lahan sirna. Semoga kita bisa memanfaatkannya, menghidupinya dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Apa yang akan anda lakukan saat ini jika anda hanya memiliki waktu satu bulan lagi dalam hidup anda?


Jika anda mau jujur dengan diri anda, anda bisa melihat, bahwa bukan pekerjaan, bukan benda-benda mahal tanpa makna, bukan status anda di social media, bukan masalah yang paling penting di dunia ini.


Yang paling penting adalah bagaimana anda menghargai kepada setiap detik yang berlalu.

Rasakan dan berikan kebahagiaan ini.

Semua itu tidak berarti.