Sabtu, 09 Agustus 2014

Percaya Diri Seperti Batu Karang: Lima Kunci Dahsyat Menjadi Percaya Diri


“Believe First, Possess Later” Freddy Manalu
“Yakin terlebih dahulu, miliki kemudian” Freddy Manalu

Saya adalah orang yang sangat haus akan pembelajaran. Saya menyadari bahwa dalam mengasah skill dan mencari pengetahuan tidak akan pernah ada akhirnya.

Baru-baru ini saya bergabung di sebuah perusahaan besar sebagai tim training dan saya bersyukur mendapatkan kesempatan bertemu pimpinan saya, manajer saya, guru saya dan trainer saya yang sangat luar biasa, Bapak Freddy Manalu.

Beliau adalah seorang profesional sejati, super trainer yang telah berkarir lebih dari 15 tahun. Dalam suatu training yang ia bawakan, ia menginspirasi dan memberikan saya pemahaman luar biasa mengenai konsep kepercayaan diri dan betapa kita memiliki potensi yang tak terhingga yang selama ini terkekang dikarenakan karena kurangnya rasa percaya diri dalam diri kita.

Sering kita terlalu menganggap rendah diri kita. Sering kita melihat diri kita sebatas pemahaman yang kita miliki. Hasilnya kita hidup dalam standar biasa, gaji yang biasa, pengalaman yang biasa, teman yang biasa dan serba biasa.

Pak Freddy memperkenalkan saya konsep yang membuka pikiran saya tentang kunci keberhasilan dalam hidup yang selama ini kurang begitu saya kuasai dan sadari bahwa saya pun telah memilikinya.
Konsep yang ia berikan kepada saya adalah BAGAIMANA MENJADI PERCAYA DIRI LAYAKNYA SEBUAH BATU KARANG.

Batu karang, seperti yang kita tahu melambangkan sebuah kekuatan, kekokohan dan keteguhan. Ombak, angin bahkan kapal besar sekalipun tidak ada yang sanggup mengalahkannya. Dalam hal ini, berarti kita akan mendalami bagaimana menjadi sosok pribadi yang memiliki kepercayaan diri layaknya sebuah batu karang di lautan.

Seberapa sering kita merendahkan diri kita? Meremehkan anugerah yang Tuhan telah berikan kita? Membiarkan orang lain, atasan anda mengatur kehidupan anda. Membiarkan orang lain mendefinisikan siapa diri anda dan arah hidup anda? Ini adalah hidup anda satu-satunya dan anda memiliki hak dan kewajiban untuk mengklaimnya dan hidup menurut definisi diri anda.

Bagaimana sebenarnya konsep menjadi percaya diri seperti batu karang?
Berikut saya akan jelaskan,

Konsep percaya diri seperti batu karang terdiri dari lima unsur penting yang harus anda penuhi dan lakukan sehingga menjadikan anda sosok yang tidak terkalahkan dan sanggup melakukan banyak hal dalam kehidupan ini.

Unsur pertama: TUHAN
Pada tahap pertama dan utama ini, untuk menjadikan anda sosok yang luar biasa dan memiliki kepercayaan diri yang kuat, anda harus menjalin hubungan baik dengan Tuhan anda. Ini adalah kunci pertama dan utama. Kenapa? Karena Tuhan adalah segala-galanya. Ia yang menciptakan kita sebagai satu-satunya mahluk unik yang ada di dunia ini. Tidak ada yang sama atau menyerupai anda. Anda hanya diciptakan satu dan Tuhan sangat menyayangi anda. Oleh karena itu anda harus menyadari hal ini pertama.

Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan bertakwa. Menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Hasilnya apa? Hasilnya adalah anda akan menjadi orang yang beriman. Orang yang hidup dengan integritas dan kemurnian serta roh Tuhan. Anda akan merasa menyatu dengan Sang Pencipta. 

Jika anda telah memiliki kepercayaan diri ini, ANDA AKAN MENJADI SOSOK YANG TIDAK TERKALAHKAN. Tidak ada yang bisa mengalahkan anda atau membuat anda gelisah. Jalan anda akan terang benderang, dipandu dan dibimbing olehNya. Anda tidak perlu siapapun selain diriNya.

Anda bisa melihat kehidupan para sufi, para biksu, para pendeta, para suster, para Kyai yang sungguh-sungguh dan memiliki keyakinan pasti dalam kehidupan mereka. Ada ketenangan, kepercayaan diri yang sangat besar dalam diri mereka. Kenapa?
Karena mereka begitu dekat dengan Tuhan.

Inilah kunci yang pertama. Jalinlah hubungan terbaik yang bisa anda lakukan dengan Tuhan.

Unsur kedua adalah DIRI ANDA SENDIRI
Anda harus menjalin hubungan yang baik dengan diri anda sendiri. Anda harus menghargai dan menghormati diri anda. Anda tidak boleh merendahkan diri anda. Anda harus memperlakukan diri anda dengan hormat, dengan tidak melakukan hal-hal buruk yang akan menjerumuskan diri anda kedalam kehancuran. 

Anda harus berpenampilan dan mempercantik diri anda layaknya anda menghargai orang yang paling anda sayangi di dunia ini. Anda harus selalu mengasah skill, pengetahuan dan sikap anda untuk menjadikan anda pribadi yang berkarakter. Jika anda melakukan hal di atas, hasilnya adalah citra diri anda akan meningkat. Harga diri dan kepercayaan diri anda akan terangkat.

Unsur ketiga adalah ORANG LAIN
Anda harus menjadi orang yang pandai dalam menghargai dan memperlakukan orang lain sebaik mungkin. Menghormati orang lain dengan menerapkan prinsip-prinsip dalam berhubungan dengan orang lain. Mendengarkan, melayani, membuat mereka seperti menjadi orang penting, membicarakan minat orang lain dan mengharghai momen-momen penting dalam kehidupan orang lain. Karena anda hidup tidak sendiri, karena kesuksesan anda snagat dipengaruhi oleh lingkungan, sahabat, dan teman-teman anda.

Jika anda menerapkan prinsip-prinsip di atas dalam pergaulan anda, hasilnya adalah anda akan dikelilingi oleh banyak teman, sahabat, kenalan dan relasi. Hidup anda akan menjadi mudah dan dipermurah dalam urusan rezeki. Lihatlah mereka yang memiliki banyak teman, kenalan dan relasi. Mereka selalu terlihat ceria, optimis, antusias dan penuh kepercayaan diri.

Unsur keempat  adalah PEKERJAAN.
Apapun pekerjaan anda saat ini, lakukan yang terbaik. Caranya seperti apa? Hayati, gumuli, geluti, cintai dan lakukan semaksimal mungkin. Jadilah solusi, jadilah seorang seniman, ciptakan karya-karya hebat melalui pekerjaan anda. Jangan mengeluh tentang perusahaan anda, pekerjaan anda, atasan anda atau lingkungan tempat anda bekerja. Sebaliknya, berikan yang terbaik. Asah terus skill dan kompetensi anda sehingga anda menjadi pribadi yang lebih bernilai.

Hasilnya apa jika anda melakukan pekerjaan anda dengan sungguh-sungguh? Anda akan menjadi seorang expert, seorang ahli, seorang profesional sejati.

Unsur kelima dan terakhir adalah WAKTU
Anda harus bisa disiplin dan terampil dalam mengelola waktu anda. Bukan waktu yang harus diatur, melainkan kelola diri anda. Manajemen diri anda. Buat perencanaan, daftar prioritas, hindari melakukan kegiatan-kegiatan sepele yang tak bernilai. Jadilah produktif dan teratur. 

Hasilnya jika anda mampu mengelola waktu dengan baik adalah keteraturan dalam segala hal, Keteraturan dalam pekerjaan anda, keteraturan dalam waktu tidur dan istirahat anda, keteraturan di kamar anda, keteraturan dalam penampilan, keteraturan di kamar anda, keteraturan dalam keuangan anda, dan sebagainya.

Sahabat, kuasai lima skill dan unsur percaya di atas. Percayalah, kita semua diberikan hak yang sama oleh Tuhan untuk mengecap keberhasilan. Jangan lagi merendahkan diri anda, jangan lagi rusak diri anda dengan pemikiran-pemikiran buruk.

Lakukan mulai dari sekarang melalui kebiasan-kebiasaan kecil sehingga menjadi konsisten. Lama kelamaan, level kepercayaan diri anda akan terus meningkat seiring dengan semakin kuatnya anda melatih menjalin hubungan baik dengan kelima unsur di atas.

Semoga bermanfaat,