Rabu, 20 Agustus 2014

Mengejar Mimpi Di Sela-Sela Kesibukan



Pergilah ke sebuah ATM. Masukkan kartu ATM anda, cek saldo anda. Semenit kemudian, lakukan hal yang sama, masukkan kartu anda, cek saldo anda. Lakukan lagi, lagi dan lagi.

Apakah ada perubahan pada saldo anda?

Tentu tidak sama sekali. Kecuali ada yang mentransfer sejumlah uang atau terjadi transaksi, maka saldo anda akan berubah.

Begitu pula dengan hidup anda.

Lihatlah sekeliling anda, apakah ada yang berubah? Bagaimana kondisi keuangan anda? Bagaimana karir anda? Bagaimana kesehatan anda? Bagaimana level kebahagiaan anda? Jika tidak ada perubahan yang anda lakukan, maka hasilnya akan sama saja.

Ketidakwarasan adalah mengharapkan hasil yang berbeda, namun selalu melakukan hal yang sama setiap saat.

Menciptakan perubahan dan menggapai hal-hal luar biasa besar memang sangat menggoda. Kita ingin meraih dan melakukan banyak hal besar dan luar biasa dalam waktu singkat. Namun, dalam kenyataan, kita tidak memiliki keistimewaan memiliki banyak waktu untuk mengejar impian-impian besar kita dan menciptakan perubahan yang kita inginkan.


Terlebih bagi mereka yang sibuk bekerja dan berumah tangga, waktu adalah hal yang sangat berharga sekali. 


Bukan cara kita mengelola waktu yang diperhitungkan, tapi cara kita mengelola dan mengatur pilihan-pilihan kita. Kita bisa dengan sadar mengelola setiap tugas dan pekerjaan yang kita lakukan. Mana yang harus kita lakukan dan mana yang harus kita hindari.

Saya merasakan sendiri. Kita tidak memiliki waktu yang banyak, namun saya mempelajari pentingnya untuk selalu menyempatkan sedikit waktu untuk melakukan dan mengejar impian-impian besar kita. Dan saya sudah membuktikannya bahwa saya bisa melakukannya.


Kesimpulan saya, perubahan tidak terjadi dan tidak dapat dilakukan dalam satu malam. Namun sebaliknya, anda tidak boleh menunggu waktu yang tepat untuk melakukannya. Anda bisa melakukannya sekarang dengan cara mencicilnya.

Bahkan, jika anda memiliki disiplin tinggi dalam mencicilnya, anda malah akan meraih lebih dari yang anda harapkan.

Kita ambil beberapa contoh,

1. Ingin memiliki tabungan seratus juta rupiah
Bagi seorang karyawan dengan gaji yang belum seberapa, memiliki tabungan sebesar seratus juta pasti merupakan hal yang luar biasa. Namun, jika anda memikirkannya sudah merupakan hal yang mustahil, anda akan kesulitan mendapatkannya.

Jika saja anda fokus dan konsisten menabung 1.000.000/bulan, maka anda bisa meraihnya kurang dari tiga tahun. Apakah tiga tahun waktu yang lama? Tidak sama sekali. Saya yakin sekali bagi anda yang membaca tulisan ini, anda pasti menyesal kenapa anda tidak menabung sedari dulu.

2. Anda ingin menulis sebuah novel
Jika saja anda bersedia menyisihkan waktu 20 menit sehari, maka rata-rata anda akan menulis sebanyak 200 kata setiap hari.

Dalam satu minggu, maka anda akan menulis 1.400 kata
Dalam satu bulan, maka anda akan menulis 6.000 kata
Dalam satu tahun, anda sudah menulis 73.000 kata (yang berarti satu novel)

Sebuah pencapaian yang luar biasa.

Kedua contoh di atas sudah cukup mengilustrasikan bagaimana sebuah pencapaian besar bisa diraih melalui pengerjaan tugas-tugas kecil harian yang bisa anda lakukan dengan konsisten.

Jadi, jika anda katakan anda tidak punya waktu. Itu adalah omong kosong.

Anda bisa meraih hal-hal besar lainnya. Menyelesaikan skripsi, menamatkan atau melanjutkan studi, mempersiapakan biaya pernikahan anda sendiri, mengejar karir impian anda, menabung untuk traveling dan sebagainya.

Jangan sepelekan hal-hal kecil. Karena hal-hal besar dimulai dari hal kecil.

Setialah kepada hal kecil, maka anda akan dipercaya untuk melakukan hal-hal besar.

Salam hangat,
Adi