Senin, 23 Maret 2015

Anda Bisa Menjadi Pemenang


"If you can't change your fate, change your attitude"

"Jika anda tidak bisa merubah takdir anda, maka rubahlah sikap anda"

Apakah anda merasa sebagai seorang pecundang?

Merasa rendah diri dan lebih buruk dari orang lain?

Merasa hidup anda tidak berarti?

Ada baiknya anda menyimak cerita berikut yang saya kutip dari Shiv Khira dari bukunya yang sangat terkenal, You Can Win.

Suatu hari ada seorang penjual balon di taman bermain yang menjual banyak sekali balon berwarna-warni. Merah, biru, oranye dan warna lainnya. Saat penjualannya sedang sepi, ia melepaskan beberapa balon ke udara. Saat beberapa anak kecil melihat balon itu dilepaskan dan terbang, mereka berdatangan dan ramai-ramai membeli balonnya. Saat itu terjadi, penjualannya kembali meningkat. Hal itu terus ia lakukan, setiap hari, mengulanginya lagi dan lagi.

Suatu ketika, saat si penjual balon sibuk melayani pembelinya, tiba-tiba tangannya ditarik oleh seorang anak kecil dari belakang. Si penjual berbalik dan melihat si anak kecil yang tiba-tiba bertanya dengan polos,

“Jika anda lepaskan balon yang berwarna hitam, apakah balon itu akan tetap terbang?”

Kaget dengan pertanyaan polos si anak kecil, si penjual balon menjawab:

“Nak, bukanlah warna balon yang membuatnya menjadi terbang. Apa yang di dalam balon itulah yang membuat balon itu terbang. Apapun warnanya, isi dari balon itulah yang akan menentukan ia akan terbang atau tidak”

Hal yang sama berlaku bagi kita sebagai manusia. Siapapun anda, apapun latar belakang pendidikan anda, berapapun usia anda, darimanapun anda berasal, tidak terlalu penting. 

Apa yang ada dalam diri kitalah yang akan menentukan