Senin, 02 Maret 2015

Melepaskan Beban Bekerja Dengan Cara Larut Dalam Pekerjaan



"Pleasure in the jobs, put perfection and quality in work" Aristoteles

"Kesenangan dalam pekerjaan akan memunculkan kesempurnaan dan kualitas" Aristoteles


Pernahkah anda mengalami 'flow'? Suatu kondisi di mana anda begitu larut dan terhanyut ketika mengerjakan suatu hal yang begitu menggembirakan, menyenangkan dan produktif.

Berikut ciri-cirinya,

  1. Waktu tanpa terasa begitu cepat berlalu, berjam-jam, bahkan bisa seharian
  2. Anda menghasilkan sesuatu, sebuah karya, sebuah pekerjaan yang berarti, hari anda menjadi produktif
  3. Anda tidak menghiraukan keadaan sekitar anda, bahkan anda sampai lupa kapan waktunya makan
  4. Anda sama sekali tidak peduli dengan social media, facebook, internet atau pekerjaan sepele lainnya
  5. Anda begitu bahagia dan otak anda begitu fokus mengerjakan pekerjaan yang anda sedang kerjakan
  6. Anda begitu kreatif dan mengeluarkan segala potensi terbaik dari dalam diri anda
Dalam dunia pekerjaan, karir serta profesionalisme, banyak orang menyabotase diri mereka dengan tidak mengerjakan hal-hal produktif. Mereka menghabiskan waktu setiap harinya mengerjakan tugas-tugas dan pekerjaan sepele yang tidak memberi makna. Dalam benak mereka, biasanya hanya ada kata uang dan pulang sebagai motivasi.

Memperhatikan setiap detik dari jam dinding agar cepat berlalu dan pulang serta mengerjakan hal-hal yang tidak produktif seperti menonton tv atau bersosialisasi.

Banyak orang yang tidak bahagia di tempat kerja.

Penyebabnya salah satunya adalah pemahaman dan strategi bagaimana seharusnya bekerja dengan efektif dan efisien. Atau istilahnya bekerja cerdas.

Terkadang, dalam pikiran kita muncul pemikiran-pemikiran yang merusak,

"Saya tidak disiplin"
"Saya tidak melakukan pekerjaan dengan baik"
"Pekerjaan saya tidak bermakna"
"Saya bosan"

Anda lalu mencoba meyakinkan diri anda, tapi sepertinya gagal. Anda memotivasi diri anda tapi hal itu justru biasanya memperburuk. Hanya berhasil sesaat. Bagaimana mengatasinya dan menuju kondisi 'flow' di atas?

Saran dari saya: JANGAN BERPIKIR. LAKUKAN SAJA.

Jangan berpikir tentang hasil pekerjaan anda, kualitas pekerjaan anda serta memberikan penilaian atas pekerjaan anda. Lakukan saja.

Mulai dengan memilih satu pekerjaan atau kegiatan. Menulis buku, menulis artikel, menulis lagu, membuat laporan, mengunjungi klien, membuat program, menggambar, mendesain sesuatu, melukis, dan lain-lain. Namun kali ini, lakukan sepenuh hati. Apapun pekerjaan anda, lakukan dengan penuh kecintaan.

Motivasi yang harus anda gunakan adalah bahwa apa yang anda lakukan adalah untuk MEMBAHAGIAKAN ORANG LAIN. Bagaimana caranya agar hasil pekerjaan anda bisa membuat kehidupan orang menjadi lebih baik, lebih bahagia, lebih menyenangkan.

Katakan, saya melakukan pekerjaan ini dengan maksud untuk menolong orang lain. Saya tidak akan terlalu mempedulikan kualitas dan penilaian yang muncul. Yang akan saya lakukan adalah melakukan yang terbaik yang saya bisa di dalam pekerjaan saya.

Mulai sekarang.
Pilih satu pekerjaan dan iringi dengan niat di atas.Lalu lakukan saja.

Anda akan terbebaskan dari beban sebuah pekerjaan dan bekerja menjadi menyenangkan.

Semoga menginspirasi,