Rabu, 25 Maret 2015

Ingin Disukai dan Dihargai Oleh Orang Lain? Jalankan 10 Prinsip Sederhana Ini



"Anda bisa memiliki ribuan teman hanya dalam dua bulan dengan cara tertarik kepada mereka, namun anda hanya akan memiliki dua teman dalam dua tahun jika anda mencoba membuat mereka tertarik kepada anda"


Buku adalah jendela dunia. Buku adalah keajaiban. Melalui buku anda akan diajak untuk berjalan-jalan menuju perspektif yang baru, kebijaksanaan, ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat. Buku juga telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam hidup saya.

Ada banyak buku tersedia yang bisa anda baca. Tapi, dalam pengalaman pribadi saya, hanya beberapa saja yang benar-benar hebat. Hebat dalam artian kemampuan buku itu merubah cara pandang seseorang, merubah perilaku, bahkan membantu orang yang membacanya untuk menjadi sosok yang lebih baik.

Salah satu buku yang tidak akan pernah lupakan adalah buku karya Dale Carnegie, How To Win Friends and Influence People. Sebuah mahakarya terbaik yang isinya begitu sederhana dan praktis. Buku ini menjelaskan tentang pentingnya menjalin hubungan baik dengan orang-orang di sekeliling anda dan mengambil manfaat dari sebuah hubungan untuk mencapai keberhasilan dalam hidup anda.

Ada 30 prinsip sederhana yang ditulis dan dijelaskan dalam buku ini yang bisa anda terapkan untuk menjalin hubungan yang lebih berkualitas, lebih produktif dengan siapapun.

Dengan pasangan anda, dengan rekan kerja, dengan suami atau isteri, anak, orang tua, atasan anda, rekan bisnis bahkan customer anda. Terapkanlah ketiga puluh prinsip ini secara bertahap dan konsisten, lalu lihatlah perubahan yang akan anda alami dalam kehidupan anda.

Anda akan lebih positif, lebih banyak teman, lebih banyak peluang, lebih sukses dan lebih bahagia.

Saya tidak akan membagikan langsung 30 prinsip, melainkan saya akan membagikannya secara bertahap, berikut adalah 10 prinsip pertama,

1. Hindari kebiasaan salahkan, omeli, kritik
Seberapa sering dalam kehidupan anda, saat anda menjalin hubungan dengan orang lain anda melakukan ketiga hal di atas. Manusia sangat mudah sekali mencari kelemahan dan kesalahan pada orang lain. Ketika anda menjadi orang negatif yang selalu melontarkan kritik kepada orang lain, secara tidak sadar anda telah menghancurkan kredibilitas anda.

Begitu juga dengan mengomel, apapun niat anda, jika anda suka mengomel, anda telah menyakiti dan melukai harga diri dan perasaan orang lain.

2. Berikan penghargaan yang jujur dan tulus
Berapa sering anda memuji dan memberikan penghargaan kepada orang lain. Hal sederhana yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan pujian secara lisan dengan tulus. Katakan ‘anda tampan’, ‘anda cantik’, atau apapun yang sifatnya pujian kepada orang yang anda hadapi. Tapi ingat, lakukan dengan niat tulus dan jujur, bukan dengan ada maksud atau niat tertentu. Jika anda melakukan karena anda ingin mendapatkan sesuatu, perlahan-lahan motivasi anda akan ketahuan.

3. Berikan dorongan untuk berhasil
Setiap orang yang anda hadapi memiliki masalah masing-masing yang mungkin lebih berat daripada masalah yang sedang anda hadapi. Jika anda ingin memperluas pengaruh anda dan disukai banyak orang, selalu berikan dorongan dan motivasi kepada mereka yang membutuhkan.

4. Beri perhatian yang tulus
Seberapa sering anda memperhatikan akan keinginan, kebutuhan seseorang. Kebutuhan untuk diperhatikan merupakan sebuah kebutuhan dasar yang dimiliki oleh setiap orang. Berikanlah perhatian anda kepada pasangan anda, atasan anda, bawahan anda atau sahabat anda. Lakukanlah sekarang juga

5. Senyum

Kenapa sulit untuk tersenyum? Karena anda telah dikalahkan oleh suasana hati anda. Begitu sederhananya sebuah senyuman, orang menjadi lupa akan manfaat dan kehebatannya. Sebuah senyum akan mencairkan suasana yang tidak menyenangkan. Sebuah senyum akan merubah perasaan kelabu seseorang. Sebuah senyuman kecil, hangat dan tulus. Jangan biarkan kondisi anda merubah senyum anda, tapi buatlah senyum anda untuk merubah kondisi di sekeliling anda.

6. Ingatlah nama orang lain dan sebutan nama mereka dengan baik dan benar

Manusia memiliki keterbatasan dalam mengingat nama orang lain. Saat anda berkenalan dengan orang baru, rata-rata manusia hanya mampu mengingat nama yang baru dikenalnya tersebut hanya 6 detik. Untuk menghindari itu, cobalah belajar untuk mengingat nama orang lain. Kenapa? Karena bagi pemiliknya, nama mereka adalah kata yang paling indah di dunia.

7. Dengarkanlah orang lain
Di era social media dan teknologi, kita sekarang jarang melatih kemampuan mendengarkan. Kita selalu sibuk dengan dunia yang ada pada gadget kita. Kita jarang menyimak dan mendengarkan dengan baik apa yang dibicarakan orang lain. Belajarlah mendengar dengan seksama. Saat anda berbicara dengan orang lain, dengan pasangan anda, berikan perhatian penuh. Tatap matanya, tangkap maksudnya. Mereka akan merasa sangat dihargai.

8. Bicaralah sesuai minat orang lain
Kelamahan manusia saat berinteraksi dengan orang lain adalah ia selalu ingin membicarakan tentang dirinya. Ia lebih banyak menceritakan dirinya. Menceritakan keadaaannya, menceritakan masalahnya, pengalamannya dan ceritanya. Jarang ia mendengarkan dan membicarakan minat lawan bicaranya. Cobalah berhenti sejenak lalu menyempatkan waktu membicarakan hal-hal yang menjadi minat dan kepentingan lawan bicara anda.

9. Anggaplah orang lain merasa dirinya penting
Saya selalu belajar menerapkan praktek ini. Saya senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik untuk isteri saya di rumah, begitu juga sebaliknya dengan isteri saya. Memijatnya, membantunya mencuci priring, mendengarkannya. Semua saya lakukan dengan tujuan agar ia merasa dirinya sosok paling penting dalam kehidupan saya.

 Di tempat kerja, siapapun orang baru yang datang ke kantor, saya selalu menyempatkan untuk menawarinya segelas kopi atau the manis dan saya yang membuatkannya langsung. 

Jangan gengsi dan merasa rendah untuk melayani orang lain dan membuat orang lain menjadi seperti orang paling penting di dunia.

10. Hindari debat kusir
Berapa sering anda konflik dan berdebat meributkan hal-hal yang sebenarnya sepele? Debat hanyalah omong kosong, debat hanyalah berakhir dalam pertengkaran dan kebencian. Hindarilah berdebat. Cobalah belajar untuk melihat dari sudut pandang orang lain. Jika anda merasa memiliki pendapat berbeda, cobalah untuk meyakinkan orang lain dengan cara yang elegan dan baik.

Sahabatku, saya sudah melihat terlalu banyak konflik, luka dan sakit hati dalam kegagalan menjalin sebuah hubungan. Banyak semuanya disebabkan karena ego dan kepentingan yang dipaksakan.

Percayalah, di akhir kehidupan anda kelak, hal itu semua tidak akan berarti. Salah satu hal yang paling penting yang harus anda jaga dan anda miliki di sepanjang perjalanan hidup anda adalah hubungan yang sehat dan harmonis dengan lingkungan anda.

Jalankan 10 prinsip di atas dan lihatlah perubahan yang akan anda alami.

Semoga bermanfaat,