Kamis, 07 November 2013

6 Tanda Bahwa Anda Telah Menjadi Zombie dan Bagaimana Mengobatinya





"Berjalanlah seolah-olah kakimu mencium bumi"

Pernahkah anda merasa sangat jenuh dengan kehidupan anda? Lelah karena merasa lelah?

Saat anda pulang kerja, dalam kemacetan yang sepertinya tidak akan pernah usai, anda memandang keluar jendela mobil atau bus anda, menyaksikan bahwa anda terpaku dengan rutinitas sehari-hari, terjebak dalam situasi yang menjemukan. 

Bangun tidur di pagi buta, mandi, sarapan, menyiapkan sarapan untuk anak anda, mengantar anak ke sekolah, berangkat kerja dengan melewati jalan yang sama, menghadapi layar monitor yang sama, teman kerja yang sama dan pekerjaan yang sama, sampai akhirnya anda menyeret langkah anda pulang, menyusuri kemacetan yang sama di sore hari, pulang hanya untuk makan malam sebentar, mandi dan tertidur untuk besok kembali melakukan hal yang sama.

Mengerikan bukan? 
Apakah pernah anda sadari perlahan kita telah menjadi zombie? Berjalan tanpa arah, mengikuti arus dan menjalankan rutinitas yang sama terus menerus?

Zaman telah banyak berubah saat ini. Kita seolah-olah dididik untuk bekerja sekeras mungkin, sesibuk mungkin untuk mengejar kesuksesan, sehingga kita melupakan beberapa hal yang sebenarnya penting.

Sudah saatnya kita mengevaluasi diri kita apakah yang kita kerjakan selama ini benar-benar produktif, penting dan menghasilkan. Atau apakah kita hanya terbawa arus untuk menjadi sibuk dan bekerja keras?
Hanya agar terlihat sibuk?

Coba kita tanyakan kembali kepada diri kita.

Apakah yang sedang kita lakukan itu penting? Atau apakah anda cuma berupaya membuatnya agar terlihat penting? Atau anda sudah merasa buntu sehingga tidak lagi mampu mengetahui apa saja hal-hal penting dalam hidup anda dan harus anda layak kejar dalam hidup anda?

Berikut adalah 6 tanda-tanda bahwa anda hampir menjadi zombie atau mayat hidup,

1. Anda terus menerus mengkhawatirkan waktu
Anda memikirkan kenapa waktu cepat sekali berlalu sementara anda masih berjalan di tempat yang sama. Anda melakukan banyak hal dengan tergesa-gesa sehingga banyak urusan tidak selesai dan terabaikan.

2. Anda menikmati makanan sambil terburu-buru atau makan di perjalanan atau sambil  melakukan suatu aktifitas

3. Anda tidak menyisihkan waktu untuk menemui sahabat anda atau keluarga anda

4. Anda tidak punya cukup waktu untuk tidur

5. Anda tidak punya cukup waktu untuk melakukan olahraga atau meditasi atau sholat

6. Anda tidak mampu mengatasi perubahan

Coba anda tanyakan atau lihat diri anda sendiri dengan mengajukan ke enam pertanyaan di atas. Hampir bisa dipastikan, jika anda sedang mengalami keenam hal di atas, anda mungkin sedang dalam proses menjadi zombie.

Jika memang anda sudah menjadi zombie, jangan khawatir, berikut langkah-langkah yang bisa anda ambil sekarang juga untuk mengobati anda dan kembali meraih kehidupan anda yang penuh petualangan,

1. Mulailah dengan perubahan dari dalam
Luangkan waktu selama 30 menit penuh tanpa gangguan dan tulislah pada jurnal atau kertas tentang siapa anda, apa sebenarnya peran anda, apa tujuan hidup anda, apa saja cita-cita anda dan apa yang penting dalam kehidupan anda. Perubahan apa yang ingin anda lakukan? 

2. Belajar mengatakan TIDAK
Katakan tidak untuk hal-hal baru yang akan menyita waktu anda. Mengerjakan hal-hal yang tidak penting atau hal-hal lainnya yang menurut anda tidak sesuai dengan visi hidup anda.

3. Sayangi diri anda terlebih dahulu
Seperti dalam pesawat, saat hampir terjadi kecelakaan, aturan pertama adalah kenakan masker udara untuk anda terlebih dahulu, baru orang lain. Bagaimana anda bisa menolong pasangan anda atau anak anda jika anda sendiripun tidak mampu menolong diri anda sendiri. Bagaimana anda akan berbagi kebahagiaan dengan mereka jika anda sendiripun tidak bahagia dengan kehidupan anda sendiri.

4. Berlatih meditasi
Tidak perlu meditasi yang berat terlebih dahulu. Hal yang sangat sederhana yang bisa anda lakukan, anda bisa duduk dengan rileks, lalu bernafas perlahan dan memperhatikan setiap hembusan nafas, udara yang keluar masuk melalui saluran pernafasan anda. Fokus.

5. Berlatih bahagia dengan waktu saat ini
Pikiran kita seperti bola pingpong, melompat kesana kemari dalam waktu yang singkat. Coba berlatih untuk fokus akan masa sekarang, memperhatikan setiap detail yang terjadi di sekeliling anda saat ini. Rasakan melalui sentuhan, indera pendengaran dan penciuman anda. Berlatihlah bersyukur dengan apa yang anda miliki saat ini.

6. Tertawa
Saya ingat, saya pernah membuka website khusus tentang bacaan kocak yang membuat saya tertawa sendiri. Anda bisa lakukan tertawa dengan teman anda, pasangan anda atau menonton film komedi yang akan membuat anda tertawa terbahak-bahak

7. Menulis
Menulis jurnal, diary atau organizer akan merangsang kreatifitas anda serta melatih sel motorik dan syaraf pada otak anda. Menulis merupakan aktifitas yang luar biasa. Anda bisa menuangkan ide anda, gagasan anda kedalam sebuah tulisan, merekamnya dan mengevaluasinya.

8. Ingatlah bahwa anda tidak sempurna
Ingatlah bahwa dunia ini tidak akan pernah sempurna.You cant always get what you want. Rencana anda bisa gagal berantakan, hubungan anda bisa saja hancur, anda bisa saja dikecewakan, anda bisa saja terkena musibah dan sebagainya. Terimalah itu semua seperti biasa, sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan ini

9.Fokus kepada tugas anda satu persatu
Jangan ingin menjadi super dengan mengerjakan banyak hal dalam sekaligus. Jika anda ingin produktif, justru sebaliknya, kerjakanlah tugas anda satu demi satu hingga sepenuhnya usai lalu berpindah ke tugas yang lain.

Sembilan hal di atas hanyalah ide sederhana yang bisa anda lakukan saat ini juga agar anda terhindar atau bahkan sembuh dari menjadi zombie, sesosok mayat hidup yang berkeliling tanpa arah di jalanan dan sibuk tanpa memiliki makna kehidupan.

"Kehidupan adalah petualangan berani atau bukan apa-apa sama sekali"

Semoga bermanfaat,
Adi