Senin, 13 Januari 2014

5 Perubahan Sederhana Yang Bisa Anda Lakukan Di Awal Tahun

“I have the opportunity, once more to right some wrongs, to pray for peace, to plant some trees, and sing more joyful songs.” —William Arthur Ward

"Aku punya kesempatan, sekali lagi untuk memperbaiki kesalahan, untuk mendoakan akan kedamaian, untuk menanam beberapa pohon dan untuk menyanyikan lagu bahagia"  
William Arthur Ward

Tahun baru telah berlalu dua minggu yang lalu.
Sesuai kebiasaan di awal tahun, kita membuat resolusi-resolusi baru mengenai hal apa saja yang akan kita raih di tahun ini dan mengambil pelajaran dari masa lalu.

Namun apa yang terjadi? 

Banyak resolusi kita terlupakan hanya di bulan kedua setiap awal tahun. Hampir 85 persen orang yang membuat resolusi dan komitmen perubahan, gagal dan tidak melanjutkan resolusinya, merubah arah dan menyerah hingga kembali ke pola lama dalam kehidupan mereka.

Anda dan saya tentu tidak mau termasuk kategori 85 persen tersebut bukan?

Nah, daripada kita membicarakan resolusi, mari kita lupakan sejenak dan memikirkan satu hal sederhana dalam kehidupan kita, yaitu perubahan.

Perubahan merupakan hal yang sangat sulit dilakukan dan sulit untuk menjadikannya sebuah hal yang konsisten dalam kehidupan kita sehari-hari.

Setiap perubahan besar, dimulai dari langkah kecil. Langkah demi langkah hingga terakumulasi menjadi sebuah perubahan besar.

Daripada anda membuat resolusi-resolusi besar, mari kita mulai dengan perubahan-perubahan kecil dan sederhana namun berdampak besar dalam kehidupan kita. 

Berikut beberapa perubahan sederhana yang bisa anda lakukan saat ini juga untuk meraih hidup yang luar biasa di tahun 2014.

1. Diet Media Sosial

Ya..diet media sosial. Entah itu twitter, instagram, blackberry messenger, watsap, facebook hinga path dan lainnya. Diet media sosial berarti anda mengurangi waktu anda mengkonsumsi kegiatan online anda di media sosial.

Diet dari media sosial tidak hanya akan memberi waktu luang yang banyak namun akan meningkatkan kualitas pekerjaan dan hubungan dalam keseharian anda. 

Perlu anda sadari bahwa ada banyak hal negatif jika anda terlalu banyak mengkonsumsi media sosial dan menghabiskan lebih banyak waktu di dunia maya dibanding dengan interaksi yang sesungguhnya.

Coba pikirkan sejenak. Berapa lama waktu yang anda habiskan setiap hari hanya untuk mengupload, me-like, menulis komentar, melihat status orang lain, melihat foto orang lain, memikirkan apakah orang ini anda kenal atau tidak, hingga paling buruk anda saling menyerang lewat kata-kata dan status di media tersebut.

Potong waktu sosialisasi online anda, maka anda akan menemukan betapa banyak waktu luang yang anda miliki yang anda bisa gunakan untuk hal lain yang lebih berguna.

Lakukan mulai sekarang juga,

2. Olahraga Dosis Kecil

Saya tidak akan meminta anda untuk membentuk tubuh ideal dengan six pack atau pinggul yang indah. 

Namun inti dari perubahan kedua ini adalah melakukan lebih banyak gerakan daripada duduk di depan komputer.


Dari mulai bangun tidur, kerja, hingga pulang, di perjalanan sampai tiba malam hari, mata kita terus menerus melihat dan memandangi layar dengan pergerakan badan sedikit sekali.

Cobalah mulai lakukan olahraga dengan dosis kecil.
Sit up, push up, senam atau bahkan meditasi dalam waktu singkat, namun dengan konsistensi yang rutin.

3. Berhenti Menunda-Nunda  dan Mulai Dengan Langkah Kecil

Memulai langkah pertama selalu merupakan langkah terberat. 

Oleh karena itu, untuk setiap program atau kegiatan dalam skala besar, maka anda perlu memecahkannya menjadi tugas-tugas kecil, sehingga anda tidak akan merasa kewalahan saat memulai langkah pertama anda.

Ada satu komitmen yang telah saya tunda selama hampir dua tahun dalam hal pengelolaan keuangan dan investasi, namun tepat tiga hari yang lalu, dengan kebualatan tekad dan keyakinan hati, saya memulai langkah pertama tersebut.

Langkah yang sangat kecil namun memberikan saya kepuasan dan kepercayaan diri yang sangat besar.

Begitu pula dengan rencana saya menulis satu buah buku, saya tidak memulainya dengan ambisi menulis lima puluh halaman. 

Saya mulai dengan menulis lima puluh kata per hari. Dan hasilnya? Saya tidak menunda lagi hal tersebut, bahkan saya masih terus meneruskan kegiatan menulis tersebut.

4. Membaca Lebih Sering

Buku adalah harta berharga dalam peradaban manusia. Dengan buku anda akan dibawa ke sebuah dimensi baru penuh makna dan penuh petualangan. Anda akan dicerahkan dan diberkati oleh setiap ilmu yang turun generasi demi generasi.

Namun sayang, kehebatannya kini mulai tergantikan dengan tablet, social media dan games.

Membaca tidak hanya akan memperluas wawasan anda, namun juga meningkatkan level kepercayaan diri anda.

Saat anda membaca, anda akan diajak berkunjung ke tempat-tempat yang belum pernah anda kunjungi. Setelah selesai membaca, anda akan merasa telah menjadi orang baru dengan karakter baru dan semangat baru dalam hidup anda. 

Yang lebih berharga tentu saja buku akan memberikan anda ide dan kreatifitas untuk menciptakan hal-hal baru dan memberikan manfaat kepada orang lain di sekeliling anda.

Menyedihkan, tidak banyak orang yang menyukai kegiatan membaca. Orang lebih menyukai berseluncur di dunia maya dengan pikiran kosong atau menyaksikan hiburan-hiburan murahan, gosip, selebritis yang menawarkan fantasi yang tidak bermanfaat sama sekali.

Jadi, bacalah..
Perluas pandangan anda. Pergi ke toko buku atau perpustakaan lebih sering, benamkan diri anda dalam pengetahuan dan kebijaksanaan mengenai ilmu yang ingin anda pelajari.

5. Lebih Sering Menyendiri

Sebuah bentuk kemewahan dan penghargaan serta kecintaan kepada diri sendiri.

Pernah membayangkan kenapa banyak orang sukses kebanyakan merupakan orang introvert yang banyak menghabiskan waktu dalam meditasi, tafakur, tahajjud dan do'a?

Alasannya mungkin beragam, tapi dengan menyendiri akan memberikan anda fokus, konsentrasi, pemikiran yang jernih dalam mengendalikan setiap pekerjaan dan pemikiran anda.

Saya orang yang meyakini bahwa setiap orang itu butuh ruang, butuh keleluasaan. Dan kita harus menghargai hal tersebut.

Jika anda belajar menghargai kesendirian, maka anda tidak akan merasa ketakutan hidup dalam kesendirian.

Mulailah meluangkan waktu anda dengan diri anda sendiri dalam doa dan meditasi. Ciptakan ruang untuk diri anda. Anda akan terkejut dan kagum betapa sempurnanya anda..

Mulailah langkah terkecil anda dan perubahan kecil anda. Roma tidak dibangun dalam waktu satu hari. Begitu pula kita, 

Semoga bermanfaat,