Senin, 27 Januari 2014

Bagaimana Memulai Mewujudkan Impian Besar Anda


"One day you will wake up and realize that you have no more time to do what you can do. Do it now"  
Paul Coelho

"Suatu hari anda akan terbangun dan menyadari bahwa anda tidak lagi memiliki waktu untuk melakukan apa yang selama ini ingin anda lakukan. Lakukan sekarang juga" Paul Coelho

Kita semua memiliki impian.

Jauh dalam kedalaman jiwa kita, kita semua ingin menjadi manusia berarti. Menciptakan perbedaan dan membuat kehidupan dan dunia ini menjadi tempat yang lebih baik.

Namun seiring bertambahnya usia, serta kenyataan yang kita hadapi, impian kita perlahan-lahan mulai pudar dan kita merasa malu untuk mengakui bahwa kita telah gagal.

Gagal adalah hal biasa. Yang memalukan dan harus kita hindari adalah kita mengakui bahwa kita telah gagal dan kita enggan untuk menggapainya lagi.

Berikut adalah beberapa contoh-contoh impian besar secara umum:

1. Travelling keliling dunia mengunjungi tempat-tempat eksotis

2. Menulis buku atau novel

3. Berhenti dari pekerjaan dan memulai usaha sendiri

4. Merenovasi rumah dan meredekorasi rumah

5. Diet

6. Menabung

7. Menghentikan kebiasaan buruk

Seperti yang saya sebutkan di atas, waktu berlalu begitu cepat tanpa kita sadari, umur kita bertambah tua.

Tidak akan pernah saya lupakan hari di mana saya berdiri di hadapan ratusan peserta seminar yang terdiri dari berbagai kalangan di sebuah kelurahan. Padahal hampir lima tahun yang lalu saya menulis impian untuk bisa memberikan training kepada ratusan orang. Dan kini, terwujud sudah.

Sekitar tahun 2004, sembilan tahun yang lalu, saya menulis banyak sekali impian-impian kecil saya pada sebuah organizer dan sembilan tahun kemudian, tidak sengaja saya menemukan organizer usang itu dan membuka halamannya satu demi satu. Betapa terkejutnya saya, bahwa hampir semua daftar yang saya tulis telah berhasil saya raih. Padahal dahulu, hal-hal tersebut tampak begitu mustahil.

Datang ke Jakarta hanya dengan membawa sebuah gitar dan tidur beralaskan sajadah, Alloh telah membimbing saya hingga ke titik di mana saya saat ini belajar untuk menginspirasi orang lain dalam melakukan perubahan. Dan melalui tulisan ini, saya ingin berbagi pengalaman tersebut, terutama bagi mereka yang masih merasa inferior dan kurang percaya diri dan meyakini bahwa mereka mampu. Bahwa mereka istimewa dan bahwa mereka memiliki hak yang sama dengan orang lain yang telah berhasil meraih impian-impian mereka.

Jadi bagaimana untuk memulai mewujudkan impian-impian anda?

Sekarang, ambil selembar kertas atau organizer anda dan marilah kita mulai..

PERSIAPAN MENTAL

1. Waktunya untuk bermimpi lagi
Apa saja impian anda? Tuliskan sekonyol apapun impian anda. Kenapa anda menginginkannya? Perasaan apa yang ingin anda dapatkan dan ingin anda alami jika anda berhasil meraihnya? Kekecewaan dan sakit apa yang akan anda alami jika anda tidak meraihnya atau melakukannya? Bayangkan semua itu dengan tingkat emosi yang cukup intens. Bayangkan dengan detail dan visualisasikan dengan jelas. Semakin jelas anda membayangkan, semakin baik.

2. Saya bisa melakukannya!
Ucapkan beberapa mantra atau pengulangan secara verbal dan penuh keyakinan.Tulis impian anda pada sebuah jurnal dan anda review terus setiap hari. Setiap pagi, siang dan malam, sempatkan untuk melihat tulisan tersebut lalu ucapkan mantra anda dengan mengatakan, "SAYA BISA. SAYA BISA. SAYA PASTI BISA" Dengan melakukannya secara rutin, perlahan tingkat keyakinan anda akan terus meningkat dan anda akan mulai meyakini dengan keimanan anda bahwa anda mampu mencapainya.

PERENCANAAN

3. Susun rencana anda
Tulis langkah-langkah kecil anda mengenai apa saja yang akan anda lakukan berkaitan dalam meraih impian tersebut. Apapun yang menurut anda akan semakin mendekatkan anda kepada impian anda. Apa yang bisa kulakukan saat ini yang memberikan dampak terhadap tujuanku? Apa saja tantangan dan rintangan yang kuhadapi? Bagaimana mengatasainya? Kapan aku akan mengambil langkah pertamaku? Siapa yang bisa membantuku?

4. Langkah demi langkah
Yang terberat dari semua proses pencapaian tujuan adalah mengambil langkah pertama. Namun,seringkali orang lupa, bahwa langkah terberat selanjutnya adalah melanjutkan langkah anda HINGGA TUNTAS.

5. Membuat jadwal
Buatlah rencana kerja. Kapan, di mana, dengan siapa? Apa yang akan anda lakukan hari ini? Apa yang akan anda lakukan minggu ini? Bulan ini? Jam berapa saja? Berapa lama anda akan melakukannya?

MENGAMBIL TINDAKAN

6. Mencari mentor
Carilah siapa orang yang telah berhasil di bidangnya. Minta bantuannya, siapakah yang akan membantu dan bersedia mengajari anda untuk melakukan persis sama seperti yang telah mereka lakukan. Cari yang terbaik di bidangnya. Percaya atau tidak, mereka biasanya senang dan merasa terhormat jika dimintai saran oleh anda.

7. Catat kemajuan anda
Jangan sampai terpeleset dan melupakan rencana serta kegiatan anda. Terus lakukan evaluasi dan monitoring setiap perencanaan yang anda buat. Apa yang berhasil, apa yang gagal. Eksperimen apa yang berdampak dan berhasil? Di manakah posisi anda saat ini?

8. Review dan sesuaikan
Sesuaikan kegiatan anda. Jangan terlalu kaku dengan rencana anda. Jangan terpaku kepada metode yang kaku. Ibarat belajar menaiki sepeda, langkah demi langkah anda coba. Saat anda jatuh, anda menyesuaikan diri dengan cara mengamati pengalaman sebelumnya. Kapan harus mengayuh, kapan harus berhenti. Saat anda terjatuh, anda tidak lantas berhenti bukan?

Anda melanjutkan mengayuh sepeda anda hingga akhirnya anda benar-benar berhasil.

Apa saja impian besar anda? Kapan anda akan memulainya?

Beritahukan kepada dunia, bahwa anda mampu dan anda berkomitmen akan mencapainya.

Semoga berhasil,

"Jika impian anda tidak cukup membuat anda takut. Berarti itu bukan impian besar anda" Anonim