Rabu, 15 Januari 2014

Bagaimana Menulis Kembali Naskah Hidup Anda Lebih Baik Lagi


"What keep me going is goals" 
Muhammad Ali

"Apa yang membuatku terus melangkah adalah memiliki tujuan" Muhammad Ali


Anda sadari atau tidak, kita semua hidup berdasarkan naskah atau cerita kehidupan. Dari awal permulaan dilahirkan sampai nanti kelak di akhir cerita kehidupan, kita semua hidup berdasarkan sebuah naskah.

Seperti apapun ceritanya, naskah yang kita jalani, cerita yang kita hidupi, bisa jadi kita sendiri yang menulis dan menciptakannya atau bahkan dibuat oleh orang lain.

Manakah yang anda pilih? Hidup berdasarkan naskah yang anda ciptakan sendiri atau hidup dibentuk oleh naskah yang diciptakan orang lain untuk anda?

Tentu anda tidak mau orang lain yang menulis, mengatur dan membentuk kehidupan anda bukan?

Seperti apa naskah cerita yang anda inginkan? 

Seperti apa cerita petualangan kehidupan anda yang kelak nanti akan dibacakan dan diceritakan kembali generasi demi generasi oleh keturunan anda?

Bisa saja anda menjadi sosok pahlawan, penolong, penuh jiwa petualangan, baik hati dan penuh pengorbanan. 

Hal itu bagus, berarti naskah hidup anda sudah baik dan anda cukup puas dengan cerita tersebut. Anda tinggal meningkatkannya bukan?

Namun sebaliknya, bagaimana jika malah anda menjadi sosok penjahat, tukang mengeluh, korban yang tak berdaya, pria brengsek, ayah yang buruk, isteri yang buruk, anak yang tidak berbakti, pemabuk, pemarah, laki-laki bajingan, orang yang tidak bertanggung jawab, egois dan hal buruk lainnya?

Jika memang seperti itu, berarti anda harus mengubahnya. Jika anda tidak melihat diri anda sebagai seorang sosok panutan dan pahlawan, maka anda perlu mengubahnya.

Pengaruh lingkungan sangatlah luar biasa dalam kehidupan kita. Melalui lingkungan kita dibentuk dan di cap sedemikian rupa tentang siapa diri kita.

Apa yang telah terjadi, ya sudahlah. Apa yang terjadi di masa lalu lepaskanlah, kita semua memiliki kesempatan emas untuk menuliskan kembali cerita kehidupan kita di masa yang akan datang. Dan kita dianugerahi kesempatan dan kesadaran untuk melakukan hal itu, saat ini juga.

"Jalan terbaik untuk meramal masa depan anda adalah dengan menciptakannya saat ini juga"

Setiap pencapaian dan prestasi dalam hidup yang kita raih, dimulai dengan penciptaan di dalam pikiran kita. Inilah yang membedakan kita dengan binatang. Kita bisa memprediksi, membuat rancangan dan memulai untuk menciptakannya sebelum bergerak mewujudkannya.

Jadi, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghapus naskah cerita yang selama ini anda hidupi yang dirasakan oleh anda yang tidak sesuai dengan isi hati anda.

Anda dianugerahi kekuatan yang luar biasa oleh Tuhan yaitu kesadaran diri dan kemampuan untuk mengambil keputusan.

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, saya harapkan anda akan kembali menemukan gairah dan jiwa petualangan anda, sehingga anda memiliki gambaran ingin menulis naskah hidup seperti apa dalam kehidupan yang singkat ini,

1. Siapakah anda?

2. Siapakah orang-orang yang anda sayangi?

3. Apakah tugas dan peranan anda sehingga anda dilahirkan ke bumi ini?

4. Dalam hal apa saja anda merasa bersemangat dan antusias?

5. Jika kelak anda sudah tua renta, cerita apa yang ingin bagikan kepada keturunan anda tentang diri anda? Petualangan apa saja yang pernah anda lakukan? Tantangan apa saja yang berhasil anda atasi?

6. Jika uang bukan lagi motivasi anda dalam hidup ini, karya apa yang ingin anda ciptakan dan anda buat untuk generasi ini?

7. Apa impian terbesar anda? Jika anda tidak mungkin gagal, satu impian apa yang selama ini anda impi-impikan dan belum terwujud?

8. Revolusi apa yang ingin anda buat agar dunia ini menjadi tempat yang lebih baik?

9. Kekuatan apa yang anda miliki saat ini? Kelebihan apa yang anda miliki yang sangat menonjol dan bagaimana kelebihan tersebut bisa membantu orang lain memecahkan permasalahan mereka?

10. Apa saja hal paling penting dalam hidup anda? Apa saja yang harus anda kejar dan miliki dan apa yang harus anda buang, lupakan atau tinggalkan?

Setelah selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, anda akan memiliki arah yang jelas dan naskah kehidupan yang jelas mengenai siapa anda, kemana anda harus menuju dan apa saja nilai-nilai, prinsip dan kekuatan yang anda miliki.

Tuangkan semua itu kedalam sebuah tulisan dan buatlah menjadi sebuah panduan dalam keseharian anda, dan mulailah hidup sesuai naskah tersebut, jangan melenceng dari panduan tersebut.

Waktu yang terbaik untuk menjalaninya adalah sekarang juga.

Lakukan mulai dengan apa yang bisa anda lakukan saat ini juga, sekecil apapun.

"The greater danger for most of us lies not in setting our aim too high and falling short; but in setting our aim too low, and achieving our mark" Michelangelo

"Hal paling berbahaya bagi kita adalah bukan dikarenakan kita bermimpi terlalu jauh lalu gagal, namun dikarenakan karena kita hanya bermimpi kecil dan kita berhasil mencapainya" Michelangelo