Rabu, 22 Januari 2014

Ajari Anak Anda Belajar Melalui Musik



"One good thing about music. When it hits you, you feel no pain" Bob Marley

" Satu hal yang hebat mengenai musik adalah saat anda mendengarkan musik, anda tidak merasakan sakit sama sekali" Bob Marley


Menyambut tujuh bulan usia kehamilan isteri saya tercinta dan dua bulan menjelang kelahiran anak pertama kami, semoga Alloh memberikan kemudahan..

Perkenankan saya menulis sebuah tulisan mengenai pentingnya mendidik anak-anak kita melalui musik.

Hampir delapan dari sepuluh orang yang saya interview ketika melamar sebuah pekerjaan tidak bisa berbicara fasih dengan bahasa Inggris. Padahal bahasa Inggris tersebut sangat dibutuhkan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan posisi pekerjaan tersebut.

Setelah saya analisa dan amati, rata-rata mereka yang mampu fasih berbahasa Inggris kebanyakan tidak pernah mengikuti kursus resmi pada sebuah lembaga kursus tertentu. Namun, ada satu kesamaan umum yang menjadi penyebab kenapa mereka begitu fasih berbahasa asing,


Semenjak kecil mereka dibiasakan dan diajari orang tuanya untuk mendengarkan lagu-lagu berbahasa asing.

Hal ini merupakan bukti bahwa musik merupakan alat ampuh dalam mengajari seorang anak untuk tumbuh dan berkembang sehingga memiliki kualitas yang lebih baik dalam kehidupannya kelak.

Musik adalah alat yang paling ampuh yang orang tua bisa gunakan untuk mengajari anak-anak mereka secara akademis, sosial dan secara psikologis.

Jika saja anda kesulitan mengajari anak anda memasang tali sepatu yang benar, coba saja buatkan sebuah lirik sederhana yang didalamnya mengajari cara-cara memasang tali sepatu dengan baik dan benar, maka dipastikan tingkat pembelajaran dan daya ingat anak anda akan lebih mudah memahami dan melakukannya.

Jika saja anak anda merasa frustasi menghafal ABCD atau angka 1, 2, 3 coba saja anda ajarkan melalui sebuah lagu. Kita semua pernah merasakan bahwa hal itu jauh lebih cepat untuk diingat dan difahami..

Musik adalah alat paling efektif dalam meningkatkan daya ingat atau memorisasi.

Berikut adalah pendekatan lebih detail mengenai musik sebagai alat pembelajaran bagi anak-anak kita:

Bagaimana Musik Mengajari Anak-Anak Kita Belajar Lebih Baik
Pertama, musik membukakan pintu bagi anak-anak kita untuk memahami pembelajaran bahasa dan struktur kata-kata dengan tepat dan teratur sehingga memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Dengan cara mengingat lirik-lirik sederhana dalam sebuah lagu, anak-anak kita dibukakan kepada kesempatan untuk mengucapkan beberapa kata-kata dan bahasa sederhana.

Musik juga menciptakan konsep pengulangan, sebuah lagu yang diputar dan dinyanyikan berulang-ulang sehingga menambah jumlah kosa kata yang dimiliki si anak. Mungkin si anak tidak akan menyadari proses pembelajaran ini, tapi hari demi hari, si anak akan melengkapi kata-kata yang belum sempat diingat atau belum sempurna dari lirik tersebut.

Lirik yang kelihatan tampak konyol, diucapkan berulang-ulang dengan gaya yang polos dan menyenangkan dan bingo!!Si anak kini bisa menghafal semua lirik..

Kedua, musik juga memberikan pelajaran kepada anak-anak kita tentang pentingnya keselarasan antara bunyi nada dengan pergerakan. Musik membuat anak kita aktif dan bergerak menggerakkan setiap bagian tubuh tertentu sehingga mengikuti lantunan nada. Hal ini mengajari bagaimana pentingnya konsentrasi agar bagaimana gerakan dan nada tersebut bisa selaras dan harmonis. Harmonisasi gerakan dan nada

Kini anda tahu bahwa musik sangat bermanfaat untuk perkembangan dan pembelajaran anak kita. Sudah waktunya sekarang anak kita mulai diajari musik-musik yang berkualitas dan memberikan mereka latihan-latihan sederhana, bernyanyi, menari, memainkan alat musik tertentu dan menghafal lirik-lirik sederhana.

Saya sangat rekomendasikan berikan musik dengan konsep yang simpel dan mudah diingat.

Jadikan kegiatan belajar menjadi menyenangkan dengan merubah suasana menjadi menyenangkan dan santai. Biarkan anak anda mengekspresikan kreatifitas dan keinginan mereka melalui kata-kata, gerakan dan nyanyian konyol yang mereka nyanyikan. Ajari dengan sabar dan penuh kasih sayang.

Secara mengejutkan, musik juga bisa merubah perilaku seorang anak secara konstan dan instan dan membantu memecahkan masalah yang muncul disebabkan perilaku si anak dengan cara meminta si anak untuk duduk tenang dan mendengarkan dengan seksama musik yang diputar.

Apapun cara yang anda lakukan, yang pasti musik memberikan manfaat besar dalam pembelajaran dan perkembangan anak kecil.

Kita semua pernah merasakannya.

Sekarang giliran kita mengajari anak-anak kita mengenai keindahan musik dan keistimewaannya sebagai bahasa yang universal dan pintu menuju kreatifitas dan kegembiraan.


Baca juga:
9 Pelajaran Penting Dalam Pendidikan Anak di link ini:

http://adhierachmanmotivation.blogspot.com/2012/02/9-pelajaran-terpenting-dalam-mendidik.html


"Without music, life would be a mistake" Friedrich Nietscze

"Tanpa musik, hidup adalah sebuah kesalahan" Friedrich Nietscze