Senin, 07 April 2014

Anda Akan Baik-Baik Saja


"Pray and let God worry" Martin Luther

"Berdo'alah dan biarkan Tuhan yang khawatir" Martin Luther

Saya ingat betul kejadian ini,

Waktu itu di sebuah taman, sore hari pukul 17.00, pacar saya, orang yang saya sayangi, menangis kebingungan mengetahui bahwa nilai kuliahnya anjlok.

Hal ini disebabkan karena jadwal yang bentrok dengan pekerjaan. Sementara pekerjaannya menuntut dia bekerja shift. Dia begitu bingung dan tidak tahu harus bagaimana. Kedua-duanya ingin ia jalankan dengan baik, bekerja maupun kuliah. Di satu sisi, ia butuh bekerja, karena dengan bekerja ia menghidupi dirinya dan membiayai kuliahnya. Di sisi lain, ia butuh kuliah, karena penting bagi masa depannya.

Dengan penuh pengertian, saya peluk dan elus-elus punggungnya dan saya katakan kepadanya : "Semua akan baik-baik saja"

Kini dua tahun lebih telah berlalu, wanita itu kini menjadi Ibu dari anak saya. Ia sudah bekerja di tempat baru dan kuliahnya tetap berjalan memasuki semester enam. Semuanya tampak baik-baik saja.Ia masih bisa tersenyum dan bahagia menjalani kehidupannya,

Sahabatku,
Anda tengah dilanda kebingungan dengan arah masa depan dan karir anda, jangan khawatir. Semua akan baik-baik saja.

Saat wawancara atau presentasi, anda berdiri dengan gugup di hadapan orang yang belum anda kenal untuk mempresentasikan gagasan anda, bingung harus mengucapkan apa agar presentasi anda berhasil. Anda takut mereka berpikir buruk tentang anda. J
angan khawatir. Semua akan baik-baik saja.

Anda khawatir dengan pekerjaan anda dan jaminan keamanan pekerjaan anda. Anda khawatir dengan penampilan anda yang terlihat kurang rapih dan kurang tampan. Anda gelisah mengetahui bahwa anda lebih buruk dibanding orang lain. 
Jangan khawatir. Semua akan baik-baik saja.

Anda khawatir tentang penyakit yang sudah lama anda derita. Anda khawatir tentang masa depan anak-anak anda kelak. Anda khawatir tentang tagihan yang harus di bayar, tentang hidup yang harus anda perbaiki dan sebagainya. 
Jangan khawatir. Semua akan baik-baik saja.

Anda khawatir pacar anda yang cantik akan meninggalkan anda kelak, sehingga anda akan kehilangan kesempatan untuk menemukan orang yang secantik atau setampan dia. Jangan khawatir. Semua akan baik-baik saja.

Anda khawatir atasan anda tidak menyukai apa yang sudah anda kerjakan sehingga anda akan dinilai tidak kompeten dan kontrak anda tidak akan diperpanjang. Jangan khawatir. Semua akan baik-baik saja.

Jangan khawatir. Percayalah kalimat berikut ini:
Terlepas apapun kondisi dan situasi yang anda hadapi, anda akan baik-baik saja.

Anda tidak sendiri.

Kita selalu mengkhawatirkan akhir buruk yang akan kita alami. Itu semua hanya kemungkinan. Kemungkinan yang muncul dalam benak kita dan dalam kenyataan, mereka jarang terjadi.

Dan jika memang itu terjadi, hal itu bukanlah sebuah bencana besar bagi kita.

Coba bayangkan sejenak kekhawatiran yang pernah anda rasakan di masa lalu. Apakah hal itu benar-benar terjadi? Apa dampaknya bagi anda? Hidup tidak hancur berantakan.

Anda masih baik-baik saja. Dan anda akan selalu baik-baik saja.

Tersenyumlah dan berjalanlah dengan langkah pasti :)