Jumat, 11 April 2014

Kerja Keras Namun Tidak Ada Hasilnya? 5 Langkah Untuk Membangkitkan Kembali Semangat Anda


Perjalanan menuju mimpi kita berlangsung panjang.

Perubahan bukan dan tidak terjadi dalam satu malam.

Ada banyak rintangan dan halangan di depan, yang muncul baik dari dalam diri sendiri maupun dari luar.

Kita adalah mahluk yang menunda-nunda.
Harus saya akui, ada beberapa project dan tugas penting yang saya tunda sedemikian rupa dikarenakan alasan-alasan yang saya ciptakan sendiri.


Di antara project tersebut adalah menyelesaikan penulisan buku saya, The Golden Habits, membangun komunitas Become Legendary dan aqiqah anak saya.


Apakah anda merasakan dan mengalami hal yang sama? Anda telah menetapkan beberapa tujuan, namun sepertinya hasilnya masih saja seperti berjalan di tempat?

Jangan khawatir, saya akan membagikan lima langkah sederhana bagaimana mendapatkan kembali energi anda untuk terus berusaha meraih tujuan-tujuan penting dalam hidup anda,

Berikut adalah lima langkah tersebut,
1. Istirahat
'Saat semua gagal, cobalah beristirahat sejenak'

Jika anda merasa tak sanggup lagi melangkahkan kaki dan buntu. Cobalah berhenti sejenak, istirahat atau traveling ke suatu tempat. Lepaskan dan lupakan diri anda akan setiap permasalahan dan solusi yang anda cari selama ini. Buang semua pemikiran anda, kosongkan dan berpikir jernih. Dengan mengosongkan kembali pikiran anda, anda akan mendapatkan ruang untuk memikirkan inspirasi baru, hal baru atau bahkan rencana baru.

2. Revisi Arah Anda
'Usaha dan kerja keras tidak akan cukup tanpa kejelasan tujuan'

Tentu saja kita memiliki beberapa tujuan, namun mudah sekali untuk terjebak dalam rutinitas lalu mengarahkan fokus dan energi kita ke tujuan yang ingin kita raih. Terlebih di saat kita sibuk dengan kegiatan harian kita. 

Cobalah sejenak revisi rencana dan tujuan anda. Manakah yang paling penting? Apakah yang anda inginkan itu benar-benar anda inginkan?

Tulis ulang tujuan-tujuan anda, lalu mulai kejar dengan antusiasme baru dan semangat baru. Tidak ada kata terlambat.

3. Lakukan Perubahan-Perubahan Kecil
'Keras kepalalah dengan tujuan anda, namun fleksibel dengan caranya'

Jangan keras kepala dengan metode yang anda gunakan, seolah-olah hanya ada satu atau dua jalan menuju impian anda. Bersikap fleksibel dengan metode anda, namun tetap pasti dengan tujuan anda.

Ada banyak jalan menuju Roma. Begitu juga ada banyak jalan menuju impian anda.

4. Yakin
Jika kita mulai meragukan kemampuan kita, maka dipastikan sulit untuk mengejar impian-impian kita. Kita harus meyakini sepenuh hati dan sekuat iman, bahwa kita mampu. 

Apapun caranya, bagaimanapun metodenya, kita harus yakin bahwa kita mampu. Hanya masalah waktu saja sebelum semua itu terwujud.

Untuk mendapatkan keyakinan ini, tugas utama kita adalah mengalahkan rasa takut dan keraguan dalam diri kita.

5. Bersabar dan Bertekun
'Kunci keberhasilan adalah ketekunan. Anda mendapatkan anak ayam tidak dengan memcahkan telurnya, namun dengan mengeraminya'

Bertekun adalah kunci dari segala kunci menuju pencapaian kita. Tanpa kita sadari kita telah melangkah sejauh ini. Coba anda ingat kembali impian-impian masa lalu anda yang kini tercapai. Semua tercapai dengan kesabaran dan ketekunan. Semua membutuhkan waktu.

Butuh tujuh tahun seekor kerang untuk menciptakan sebuah mutiara indah.

Semoga lima langkah tadi membangkitkan kembali semangat anda dalam mengejar impian anda.

Kelak, saat anda berhasil, ingatlah tulisan ini, pasti anda akan tersenyum dan meyakini kebenarannya.

Semoga bermanfaat,

Salam hangat,