Selasa, 13 Januari 2015

20 Hal Yang Bisa Anda Mulai Lakukan Sekarang Juga Untuk Kebaikan dan Kebahagiaan Anda Sendiri



"Start by doing what necessary, then do what's possible and suddenly you are doing the impossible"

"Mulailah dengan apa yang paling penting, lalu lakukan yang memungkinkan dilakukan, maka tiba-tiba anda melakukan hal yang tidak bisa dilakukan"

1. Mulai menghabiskan waktu dengan orang yang tepat
Siapa mereka? Mereka adalah orang-orang yang memberi anda kebahagiaan, ketenangan, keceriaan, canda tawa dan kesuksesan. Bukan orang-orang yang meracuni anda dan membawa anda kepada kehancuran, kesedihan dan masalah. Tinggalkan mereka yang selalu menyakiti anda dan mulai habiskan lebih banyak waktu dengan orang yang tepat.

2. Mulai hadapi masalah anda sendiri
Bukan masalah yang membuat kita terpukul dan terpuruk. Tapi reaksi kita atas masalah tersebut. Satu hal yang bisa kita lakukan adalah kita bisa memulai menghadapi dan menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi saat ini juga. Seberat apapun, serumit apapun, kita bisa pecahkan dengan memulai dari hal yang kecil dan sederhana. Apa yang bisa aku lakukan sekarang untuk menyelesaikan masalah ini?

3. Mulai jujur terhadap diri sendiri mengenai segala hal
Terkadang kita malu dan tidak mau mengakui bahwa kita telah gagal dan menyerah. Bahwa kita memiliki masalah-masalah tertentu yang sulit untuk kita pecahkan sendiri. Mulailah jujur dengan memberi penilaian apa adanya atas apa yang telah anda raih selama ini. Dengan bersikap jujur dan terbuka mengenai anda sendiri, anda akan merasa jauh lebih baik. Anda akan tahu di mana anda saat ini, kemana anda akan melangkah, apa yang harus anda lakukan dan sebagainya.

4. Mulai menjadikan kebahagiaan anda sebagai prioritas utama.
Anda perlu cinta, kasih dan perhatian. Siapa yang bisa memberikannya dengan cara terbaik kecuali diri anda sendiri? Inilah cinta yang utama dan pertama. Sebelum anda mencintai orang lain, jauh lebih penting untuk mencintai diri anda terlebih dahulu. Anda layak dimanjakan dan diperlakukan dengan hormat. Jangan sakiti diri anda. Manjakan dan hargai diri anda, berikan diri anda kebahagiaan. Jangan bandingkan diri anda. Terima dan hormati serta hargai diri anda seutuhnya.

5. Mulai menjadi diri anda sendiri, yang asli dan anda banggakan
Mencoba menjadi seperti orang lain dan hidup meniru orang lain dan berpura-pura hanya untuk menyenangkan seseorang atau hanya untuk bisa diterima dalam sebuah kelompok atau hati seseorang adalah kesia-siaan. Jadilah diri anda sendiri dan mulailah dari sekarang. Lebih dari segalanya, jujurlah kepada diri anda sendiri dan terima diri anda apa adanya.

6. Mulai perhatikan sekeliling anda dan perhatikan baik-baik
Jika anda mencari kebahagiaan, kebahagiaan itu ada di manapun anda berada. Yang perlu anda lakukan adalah mulai sekarang coba amati sekeliling anda dan perhatikan baik-baik dan hidup di waktu saat itu juga. Salah satu sumber penderitaan kita adalah saat pikiran kita tidak menyatu dengan keadaan yang ada.

7. Mulai hargai pelajaran berharga di masa lalu
Cukup sudah kesalahan yang sama anda lakukan. Jangan diulangi. Jika anda gagal dalam sebuah hubungan, coba evaluasi apa penyebab kegagalan tersebut. Jika anda gagal dalam karir atau pekerjaan, evaluasi apa saja yang kurang dan apa pelajaran berharga di masa lalu yang paling membekas dalam diri anda. Jadikan itu sebagai acuan anda di tahun ini.

8. Mulai bersikap sopan dan hormat kepada orang lain
Perlakukan orang lain sama seperti anda ingin diperlakukan oleh orang lain. Mulailah bersikap santun dan menghargai orang lain dengan menjaga perkataan, ucapan dan tindakan dalam keseharian dan dalam interaksi kita setiap hari.

9. Mulai menikmati apa yang sudah anda miliki
Masalah umum yang dihadapai kita adalah kita cenderung berpikir untuk menunggu suatu hal terjadi atau menunggu sesuatu untuk kita miliki agar kita bisa bahagia. Padahal, kita sudah memiliki banyak. Kita lupa menghargai apa yang sudah kita miliki tersebut.

10. Mulai menciptakan kebahagiaan untuk anda sendiri
Jangan menunggu orang lain untu membuat anda bahagia. Senyumlah karena anda bisa tersenyum, bukan karena ada sesuatu yang membuat anda tersenyum. Jadilah pembawa kebahagiaan bagi kehidupan dan salurkan energy positif anda kepada orang-orang di sekeliling anda saat ini juga

11. Mulai mencicil dan melakukan impian-impian besar anda
Apapun ide dan gagasan yang anda miliki. Sebesar apapun dan seberat apapun tantangannya, anda bisa mulai mengerjakannya dari hal yang paling kecil saat ini juga. Anda tidak akan bisa sepenuhnya mewujudkan impian dan gagasan anda dengan sempurna sesuai harapan anda, tapi setidaknya anda memiliki kepuasan telah mencoba dan mewujudkannya. Hanya ada dua pilihan kelak, apakah anda sukses atau anda belajar sesuatu dari kegagalan anda. Tidak ada ruginya anda mulai dari sekarang.

12. Mulai yakin dan percaya sepenuhnya bahwa anda siap untuk naik ke level berikutnya
Apakah level penghasilan, jabatan, status dan kedewasaan maupun keberhasilan lainnya, yakini dan percaya bahwa tahun ini merupakan saat yang paling tepat dan anda yakini bahwa anda sudah siap untuk meraihnya.

13. Mulai menjalin sebuah hubungan dengan alasan yang tepat
Bukan lagi saatnya untuk bermain-main atau hanya sebatas kenalan yang dilupakan begitu saja. Mulai saat ini, anda bisa memulai kembali menjalin hubungan dengan seseorang dengan tujuan yang lebih spesifik dan ke arah serius.

14. Mulai mencari teman baru
Teman dan sahabat selalu datang dan pergi. Mereka tidak mungkin selamanya ada di sekitar kita dan selalu berada dekat kita seperti momen-momen sebelumnya. Maka dari itu, bukalah diri anda untuk membuka pertemanan dan persahabatan yang baru.

15. Mulai memberikan semangat dan pujian untuk kemajuan orang lain
Menjadi motivator dan pendukung untuk orang lain selain anda sendiri. Untuk teman anda yang sedang berjuang melawan penyakitnya, untuk saudara anda yang berjuang melawan ujian di sekolahnya agar bisa lulus terbaik, untuk teman anda yang sedang mengumpulkan uang untuk membiayai pernikahan, mulailah dukung dan motivasi mereka. Jadilah pendukung mereka dengan tulus.

16. Mulai mencari ‘hikmah’ dalam setiap kejadian buruk
Mulai saat ini, saat pengalaman buruk menimpa anda, mulailah untuk belajar mencari hikmah dibalik kejadian itu. Bahwa selalu ada pembelajaran dan hikmah dalam setiap peristiwa.

17. Mulai menyadari betapa sukses dan kaya nya anda saat ini
Henry David Thoreau katakana, bahwa kekayaan yang sesungguhnya adalah “kemampuan menikmati kehidupan”. Walupun dalam situasi-situasi sulit, tentunya anda masih bisa melihat hal-hal berharga dan kebaikan yang anda miliki saat ini juga. Anda tidak kelaparan, anda masih bisa bernafas dengan mudah, anda masih memiliki pekerjaan untuk dilakukan. Anda memiliki segalanya.

18. Mulai fokus kepada hal-hal yang bisa anda kendalikan
Tidak semua permasalahan bisa kita kendalikan. Ada beberapa masalah yang ada dalam kehidupan anda yang tidak bisa anda pecahkan. Mulailah fokuskan kekuatan dan solusi anda kepada masalah-masalah yang bisa anda kendalikan secara langsung.

19. Mulai menerima dengan lapang dada saat sesuatu terjadi tidak sesuai yang diharapkan
Mulailah belajar melepaskan bahwa tidak semua rencana anda akan berhasil. Bahwa akan ada beberapa kejadian yang tidak sama sekali anda harapkan atau terjadi dalam kehidupan anda namun tiba-tiba menghantam anda tanpa sebab yang jelas. Terimalah hal itu dengan lapang dada dan keikhlasan untuk melepaskan

20. Mulai menerima dan menyadari bahwa segala sesuatu tidak ada yang sempurna
Bahwa kita memiliki kekurangan dan kelemahan, bahwa pasangan anda memiliki kelemahan dan kekurangan, bahwa dunia ini tidak adil. Mulailah menerima semua itu dan fokus kepada diri anda sendiri.