Kamis, 08 Januari 2015

Bayangkan Kehidupan Anda Seperti Sebuah Film Epik Dengan Durasi 3 Jam




Bayangkan kehidupan anda seperti layaknya sebuah film epik dengan durasi 3 jam lamanya. Dalam cerita panjang itu, ada momen-momen atau adegan-adegan tertentu yang naik turun. Drama, petualangan, cinta kasih, pekerjaan atau tugas, konflik dan rintangan yang harus dihadapi.

Semakin berlalunya waktu, anda sebagai pemeran utama, bertumbuh dan berkembang, hingga menjadi tua lalu akhirnya mati di penghujung film.

Akan ada momen-momen tertentu yang begitu menantang dan harus anda taklukkan. Akan ada musuh-musuh dan rintangan yang begitu sulit untuk anda taklukkan. Anda harus berjuang, mengasah skill baru, membutuhkan teman dan bantuan dari teman anda, sampai akhirnya anda tiba di tempat yang anda inginkan dan berhasil menuntaskan misi anda.

Akan ada adegan-adegan yang menakutkan, komedi dan hal yang lucu terjadi di sepanjang film dan akan ada momen di mana anda meraih kemenangan anda. Kegemilangan anda. Keberhasilan anda. Anda berhasil meraih impian anda sebagai misi utama anda.

Sebelum film itu berakhir, mari berhenti sejenak lalu memikirkan hal berikut:


Dalam rangkaian waktu selama tiga jam itu, setiap adegan muncul dan ada karena satu atau dua tujuan yang saling berkaitan satu sama lain serta memiliki makna. 

Darimana adegan-adegan itu muncul? Mungkin dari sang sutradara yang memang telah membuat plot sedemikian rupa dari awal sampai akhir pertunjukkan.

Lalu, siapa sutradara itu?

Anda sendiri tentunya. Anda adalah sutradara dari film yang anda ciptakan tersebut dan anda sendiri yang menjadi aktor utama dalam film tersebut.

Inilah bagian menariknya,

Menurut anda, alur cerita seperti apa yang ingin anda buat?
Ending seperti apa yang ingin anda inginkan?
Adegan mana yang perlu anda hapus?
Adegan mana yang perlu anda tambah?
Siapa yang akan anda masukkan dalam adegan-adegan yang ada?

Ingat, waktu anda hanyalah 3 jam. Anda tidak bisa memasukkan semua adegan yang anda inginkan kedalam film tersebut. Anda harus memilih mana yang benar-benar hebat dan penting.

Sekarang,
Jika ada yang menurut anda salah dengan kehidupan anda, siapa yang bertanggung jawab dalam membuat adegan itu?

Ya, sang sutradara atau dengan kata lain, anda sendiri.

Jadi, untuk anda yang selalu merasa menjadi korban, berhentilah merasa seperti itu, namun sebaliknya, justru ciptakanlah adegan-adegan hebat yang anda inginkan sehingga film anda menjadi sebuah mahakarya.

Ingat, anda adalah sang sutradara.
Dan ingat juga, waktu pemutaran film itu hanya 3 jam.
Jadi gunakan sebaik mungkin.

Semoga menginspirasi