Jumat, 23 Januari 2015

Saat Anda Mulai Melakukan 14 Hal Ini, Maka Kehidupan Anda Akan Mulai Berubah Menjadi Lebih Berkualitas

Walaupun rasanya kita telah memberikan semua yang terbaik dari dalam diri kita, sepertinya masih saja ada beberapa hal yang kurang atau kita lewatkan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup kita.

Untuk meraih keberhasilan dan kebahagiaan dalam hidup serta meningkatkan kualitas kehidupan kita, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan sekarang juga,

1. Menyadari bahwa hanya anda sendiri yang bisa mewujudkan impian anda
Ambil langkah kecil setiap harinya. Apapun itu, sekecil apapun, selama hal itu akan mendekatkan anda kepada impian dan cita-cita anda. Sadarilah bahwa hanya anda sendiri yang sanggup mewujudkannya. 

Kuasai skill dan pengetahuan yang dibutuhkan, lakukan eksperimen, konsisten dan lakukan dengan tekun serta fokus kepada tujuan anda.

Nikmati prosesnya, jalani dengan sukacita.

2. Menyingkirkan orang-orang ‘palsu’ dalam kehidupan anda
Ini sering kali saya utarakan dalam tulisan saya. Sudah saatnya anda tinggalkan dan abaikan mereka yang merusak kehidupan anda dan menjadi sumber masalah bagi anda. Teman, pasangan atau rekan kerja. 

Jangan habiskan waktu anda memikirkan mereka dan masalah yang mereka timbulkan. Jangan gadaikan kebahagiaan anda kepada mereka yang berpura-pura dan hanya mencari anda di saat mereka butuh.

3. Berhenti berpura-pura dan menjadi diri sendiri
Berhentilah berpura-pura dan berlagak seperti orang yang bukan anda inginkan. Kalau anda diajak makan dan minum di tempat mahal, sementara sebenarnya anda tidak suka dan tidak mampu, jangan paksakan diri anda mengikuti tren. Jadilah original dan apa adanya.

4. Menghabiskan lebih banyak waktu sendiri
Luangkan lebih banyak waktu dalam kesendirian untuk melakukan perencanaan, evaluasi, perenungan dan penghayatan untuk memahami diri anda lebih dekat. Manjakan diri anda dengan kegiatan-kegiatan atau aktiiftas yang menyenangkan.

5. Traveling ke tempat yang jauh
Dengan menggunakan anggaran yang tidak terlalu besar, anda bisa pergi ke banyak tempat yang masih bisa anda jelajahi, walaupun masih dalam area yang sama. Indonesia terdiri dari ribuan pulau, Jawa terdiri dari banyak Kota dan Kabupaten. 

Sesekali kunjungi dan beranikan anda untuk berpetualang. Sungguh, hal itu akan merubah kehidupan anda secara dramatis.

6. Terus mengasah mental dan pengetahuan anda
Kuasai skill baru melalui training, kursus atau mentoring kepada seseorang yang lebih ahli. Ambil pelajaran atau keahlian yang memang anda butuhkan dan menarik minat anda. Ikuti beberapa pelatihan gratis yang biasanya diadakan di kantor atau tempat lainnya. Baca buku lebih banyak, baca artikel atau tulisan yang akan menambah wawasan anda di bidang spesialisasi anda.

7. Hidup ‘sekarang’
Momen sekarang adalah momen yang ada. Momen sekarang adalah momen terbaik dalam hidup anda. Jangan biarkan pikiran anda gelisah serta khawatir memikirkan masa depan yang belum pasti datang. Jangan pula biarkan pikiran anda menyesal memikirkan banyaknya kekeliruan dan kesalahan di masa lalu. 

Hiduplah hari ini. Sekarang. Lihat sekeliling anda, beri perhatian terhadap dunia dan orang-orang di sekeliling anda.

8. Mengurangi aktifitas social media
Banyak studi menunjukkan bahwa lebih banyak hal negatif yang diberikan social media dibanding hal positifnya. 

Membuang waktu, memikirkan dan mengamati kegiatan orang lain, cemburu, emosi yang tidak stabil, tersinggung sampai bahkan merasa superior dibanding orang lain adalah dampak dari konsumsi sosial media yang berlebihan. 

Padahal waktu yang anda buang untuk social media bisa anda gunakan untuk belajar bahasa asing, perhatian keluarga dan orang tersayang, mengerjakan pekerjaan yang produktif dan lain sebagainya.

9. Menuntaskan komitmen anda
Ada banyak pekerjaan rumah dan komitmen yang pernah kita buat namun belum sempat kita penuhi. Sekaranglah saatnya anda menuntaskan hal tersebut. Mulai diet, mulai menabung, berhenti merokok, menikah, mengejar gadis impian anda. Penuhi komitmen anda, maka hidup anda kan berubah secara dramatis.

10. Secara aktif berbuat baik kepada orang lain
Sudah pasti, saat kita membantu orang lain, maka kebaikan itu akan menular dan kembali kepada kita. Mungkin tidak dalam waktu yang cepat, tapi yakinlah bahwa kebaikan anda sangat berpengaruh besar dalam kebahagiaan orang lain. 

Mulai lakukan dari hal-hal yang sepele, membuatkan kopi untuk atasan atau teman anda, mentraktir makan, mengucapkan kata sayang, membukakan dan menahan pintu di tempat umum, dan masih banyak kebaikan lainnya yang bisa anda lakukan.

11. Menyisihkan uang untuk menabung dan investasi di masa depan
Hal ini sudah sangat jelas. Kapan anda kan berhenti belanja berlebihan dan mulai menyisihkan sedikit uang untuk masa depan anda?

12. Melepaskan

Melepaskan ekspektasi dan harapan, melepaskan ketakutan, melepaskan hal-hal yang tidak penting dan hidup dengan bebas.

13. Berhenti dari pekerjaan yang tidak anda sukai
Akan sangat menyiksa jika anda mengerjakan pekerjaan yang anda benci dan tidak sesuai dengan minat maupun passion anda. Sudah saatnya anda merancang strategi bagaimana keluar dari tempat kerja anda dan melamar pekerjaan baru untuk mengasah skill, pengalaman anda maupun untuk mulai mengerjakan pekerjaan yang sesuai minat anda.

14. Mengungkapkan isi hati anda yang selama ini terpendam
Sekaranglah saat yang terbaik untuk anda mengungkapkan isi hati anda. Baik, buruk, enak atau tidak enak. Jika anda tidak suka terhadap seseorang, utarakan dengan kata-kata yang sopan dan baik. Jika anda tidak suka di ‘aniaya’ dan di ‘jajah’ oleh atasan maupun bawahan anda, sudah saatnya anda bersikap tegas dan mengambil sikap bahwa kini anda berhak mengutarakan apa yang anda rasakan. 

Tidak ada penderitaan yang lebih menyakitkan dibanding memendam perasaan yang terkurung dalam hati anda.

Semoga menginspirasi,