Sabtu, 17 Januari 2015

Satu Pertanyaan Ajaib Yang Akan Mengubah Hidup Anda dan Menyelesaikan Setiap Masalah Anda


"When the solution is simple, it means God has answered your pray"

"Saat solusinya begitu sederhana, hal itu pertanda bahwa Tuhan telah menjawab do'a anda"

Pernahkah anda merasa kelebihan beban? Terlalu banyak tugas dan pekerjaan yang harus anda selesaikan? Sementara waktu dan tenaga yang anda miliki sudah terkuras? Waktu yang tidak pernah cukup? Project yang mendekati batas waktu? Jika anda sedang atau sering mengalami kendala di atas, mari kita pecahkan bersama..

Ada banyak masalah yang kita hadapi setiap harinya. Umumnya berkaitan dengan banyaknya tugas dan pekerjaan yang harus kita lakukan, uang yang tidak pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan kita, hubungan yang renggang dan konflik yang timbul dengan sesama, baik dengan teman, kekasih atau suami isteri kita.

Lalu kita berusaha mengatasinya satu persatu. Namun sayang, ternyata masalah yang kita hadapi terlalu besar dan terlalu berat untuk kita selesaikan sendiri dalam waktu secepat mungkin.

Kita menjadi pesimis, menyerah dengan keadaan karena keterbatasan kita tersebut.

Kita merasa kelebihan beban.

Ada satu pendekatan yang ingin saya bagi dengan anda jika anda berada dalam situasi tersebut. Metode yang sangat sederhana yang jika anda lakukan saat ini juga bisa langsung membantu ada mengatasi masalah apapun dalam kehidupan anda.

Caranya adalah dengan mengajukan satu pertanyaan sederhana, berikut adalah pertanyaan tersebut:

“Hal kecil apa yang bisa kulakukan SEKARANG?”

Coba anda tanyakan dan pikirkan pertanyaan tersebut. Begitu sederhana namun sangat kuat dan ampuh dalam membantu anda dalam mengatasi tantangan yang anda hadapi,

Ada beberapa komponen dan prinsip sederhana namun lugas dalam pertanyaan tersebut,

1. HAL KECIL

Artinya anda tidak harus selalu mulai dengan sesuatu yang besar. Anda bisa memikirkan suatu ide, tindakan atau solusi dalam skala kecil yang bisa anda lakukan.

Jika anda sedang dihadapkan pada deadline tugas laporan kantor yang menumpuk, berarti HAL KECIL apa yang bisa anda lakukan untuk menyelesaikan tugas tersebut? Entah itu mulai membuka laporan anda dan mencicilnya lembar demi lembar, halaman demi halaman.

Jika anda dihadapkan pada utang yang banyak, berapa jumlah terkecil yang bisa anda bayar sementara?

Jika anda harus menyusun makalah pada tugas akhir perkulihan anda, HAL KECIL apa yang bisa anda lakukan?

Jika anda dalam situasi hubungan yang sedang sulit dan konflik, HAL KECIL apa yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya?

Jika anda sedang bersedih, merasa kurang bersemangat dan bergairah, HAL KECIL apa yang bisa anda lakukan untuk keluar dari keadaan tersebut?

2. YANG BISA KULAKUKAN

Artinya ide, tindakan atau kegiatan yang bisa anda lakukan sendiri tanpa harus melibatkan orang lain untuk menyelesaikannya. Dengan menggunakan kata YANG BISA KULAKUKAN berarti anda akan focus kepada hal-hal yang mampu anda lakukan. Tanpa terbebani hal yang tidak mungkin anda bisa lakukan saat ini.

3. SEKARANG

Sekarang adalah pilihan kata yang tepat. Sangat tepat. Kata ini membantu anda untuk mengarahkan energy, focus, waktu dan kekuatan anda pada momen sekarang. Kenapa? Karena sekarang adalah waktu yang tersedia. Sekarang adalah momen yang terbaik yang anda miliki. Bukan nanti siang, sore atau besok. Ini akan memaksa anda mau tidak mau untuk mengambil tindakan sekarang juga.

Sahabatku, sesulit apapun masalah yang anda sedang hadapi saat ini. Percayalah bahwa tidak ada yang tidak bisa anda pecahkan, jika anda mau mengedepankan logika anda daripada emosional anda. Berpikir secara jernih dan mengajukan pertanyaan di atas saya yakini akan memberikan anda semangat baru dalam menghadapi berbagai tantangan yang anda hadapi tersebut.

Sekali lagi,

“HAL KECIL APA YANG BISA KULAKUKAN SAAT INI JUGA?”
Jangan lupa, jika anda sudah menemukan jawabannya, lakukanlah, jangan hanya bertanya dan mencari jawaban.

Selamat berlibur,