Rabu, 08 April 2015

16 Alasan Kecil Yang Tidak Anda Sadari Membuat Anda Tidak Bahagia



"Be happy. Not because everything is good, but because you can see good in everything"



"Berbahagialah. Bukan karena segalanya indah. Tapi karena ada keindahan dalam segalanya"

Jika di postingan yang lalu saya menulis tentang hal-hal yang akan langsung membuat anda bahagia, sekarang saya akan menulis kebalikannya. Alasan-alasan yang akan membuat hidup anda menyedihkan dan mengalami ketidakbahagiaan.

Langsung saja, berikut adalah daftarnya.

Dengan memahami daftar berikut, saya harapkan anda bisa menghindarinya. Karena jika anda masih melakukannya, anda akan kesulitan menemukan kebahagiaan,

1. Anda tidak bersyukur
Anda selalu mengeluh, selalu melihat kekurangan dalam diri anda. Tidak menghargai apa yang sudah anda miliki.

2. Anda menyamakan diri anda dengan pekerjaan anda
Pekerjaan anda bukanlah diri anda. Pekerjaan anda hanyalah bagian kecil dari anda secara keseluruhan. Anda menghabiskan terlalu banyak waktu dengan pekerjaan anda sehingga melupakan hal-hal penting dalam hidup anda. Anda mendefinisikan diri anda sebagai pekerjaan anda. Ingatlah, bahwa anda bukanlah pekerjaan anda.

3. Anda ‘berpesta’ berlebihan
Bersenang-senang dan menghabiskan waktu dengan sahabat anda, berpesta, berkumpul di tempat-tempat tertentu memang menyenangkan. Namun jika anda lakukan berlebihan hal itu tidak baik. Anda akan kehilangan banyak waktu, banyak uang hanya untuk membiayai kegiatan tersebut. Sementara manfaat yang anda dapatkan tidaklah terlalu besar.

4. Anda tidak menjaga kesehatan anda
Anda tidak memperhatikan kondisi kesehatan anda. Anda jarang memeriksa kesehatan anda, bahkan gigi anda sekecilpun ke dokter. Anda makan berlebihan, segala jenis makanan anda makan tanpa memikirkan jangka panjang terhadap kesehatan anda. Anda kelebihan berat badan dan rentan terjangkit penyakit-penyakit tertentu

5. Anda selalu merasa bosan
Seperti anak kecil yang baru dibelikan mainan, ia akan merasa sangat senang. Tapi hal itu hanya berlangsung beberapa menit saja, selanjutnya ia akan merasa bosan, merengek dan menangis sampai menemukan mainan baru atau hal baru untuk ia nikmati. Begitu juga diri anda. Anda tidak sanggup menemukan hal yang membuat anda bahagia dari dalam diri anda sendiri.

6. Anda dikelilingi oleh orang orang negatif
Anda berteman dan menghabiskan banyak waktu dengan para pecundang. Yang selalu mengeluh, yang selalu bergosip dan membicarakan hal-hal buruk. Mereka selalu mengeluh tentang hal-hal yang terjadi di sekeliling mereka. Mengeluhkan kondisi ekonomi, atasan, keuangan yang buruk, kemacetan, dan lainnya, semua hal yang sebenarnya di luar kendali mereka.

7. Anda tidak memiliki cukup tidur
Anda kesulitan menutup anda untuk tertidur, sehingga anda hanya memiliki waktu tidur sedikit. Hal ini berdampak buruk terhadap kesehatan dan produktifitas anda. Saat anda bangun, anda dilanda sakit kepala dan perasaan lelah yang berlebihan. Tidak ada gairah sama sekali untuk menyambut pagi yang cerah dan menjalani hari yang indah. Anda tidak bisa mengatur waktu tidur anda sehingga menyebabkan anda kelelahan dan stress.

8. Anda dengan mudahnya berganti-ganti pasangan
Layaknya seorang playboy atau playgirl, dengan mudahnya anda mempermainkan perasaan seseorang. Dengan mudahnya juga anda mengatakan bahwa penyebabnya adalah orang lain. Anda tidak pernah melihat hal baik dalam diri pasangan anda sehingga anda bisa dengan mudah menyakiti perasaan mereka.

9. Anda membiarkan social media mengkonsumsi banyak sekali waktu anda
Di manapun, kapanpun, anda membiarkan path, facebook, instagram dan sosial media lainnya mengkonsumi hidup anda. Sebentar-sebentar melihat profil orang lain, apa yang mereka lakukan, me ‘like’, memberi komentar. Semua anda lakukan sebagai pelarian dari diri anda yang kebingungan harus melakukan apa, sehingga social media seperti sebuah ekstasi untuk menyembuhkan rasa bosan anda.

10. Anda tidak mengerjakan pekerjaan yang seharusnya anda lakukan
Hal-hal yang selama ini anda tunda. Hal-hal yang seharusnya anda lakukan. Semua yang anda tunda selama ini. Project, memulai diet, berinvestasi, memulai menabung, berbisnis, melanjutkan sekolah lagi atau hal lainnya. Mulai dari hal kecil sampai hal-hal besar yang anda tunda sedemikian lama, anda tidak melakukannya.

11. Anda egois dan tidak mau berbagi
Anda hanya memikirkan diri sendiri. Anda tidak peka dengan kondisi dan keadaan di sekleiling anda. Anda memperkaya diri anda, tidak mau berbagi apa yang sudah anda dapatkan, walaupun sebatas perhatian dan kasih sayang. Lebih buruk, anda menjaganya untuk diri anda sendiri dan hanya untuk kesenangan anda sendiri.

12. Anda memilih untuk tidak bahagia
Anda memilih untuk tidak bahagia. Ketika hal-hal buruk terjadi, setiap orang memiliki kesempatan untuk memberikan respons tertentu. Ada yang merespons dengan emosional, dengan kesedihan dan kekecewaan, atau bahkan mengeluh. Mereka yang sadar bahwa hidup adalah hasil pilihan mereka sendiri, akan memilih respons yang sesuai.

13. Anda membanding-bandingkan diri anda dengan orang lain
Ini adalah paling fatal dan menyakitkan. Melihat penghasilan orang lain, melihat apa yang orang lain miliki sementara anda tidak miliki lalu merasa buruk atas diri anda sangatlah merugikan diri anda.

14. Anda mengandalkan faktor eksternal untuk menjadi bahagia
Orang yang sellau bahagia tidak pernah mengandalkan hal-hal yang akan membuat mereka bahagia kepada faktor eksternal. Terhadap uang, gadget, kekasih cantik, rumah lebih besar, perlakuan orang lain. Mereka begitu solid, karena kebahagiaan datang dari diri mereka sendiri yang mereka bisa lakukan tanpa harus mengandalkan faktor eksternal yang sebenarnya berada di luar kendali mereka.

15. Anda terlalu menyesali masa lalu anda dan gelisah terhadap masa depan anda
Masa lalu sudah jauh berlalu. Anda masih berkutat dalam penyesalan dan sakit hati atas apa yang telah anda lakukan atau menimpa anda. Anda tidak mampu melepaskan dan melanjutkan hidup anda.

Sebaliknya, anda memikirkan terlalu berlebihan akan masa depan yang mungkin akan terjadi. Bagaimana nanti? Apa jadinya nanti? Semua ketakutan dan kegelisahan akan ketidakpastian di masa depan menimbulkan ketidakbahagiaan pada diri anda.

16. Anda tidak menghormati dan menyayangi diri anda
Terakhir, yang paling penting adalah anda tidak pernah merasa bangga atas diri anda. Anda tidak melihat keistimewaan dalam diri anda. Anda tidak menghormati dan menyayang diri anda serta menerima diri anda seutuhnya. 

Seperti halnya cinta tanpa syarat yang anda berikan kepada orang-orang yang anda sayang, namun anda tidak sanggup untuk memberikannya kepada diri anda sendiri. Terimalah diri anda seutuhnya dan sayangi sebaik mungkin. Perlakukan dengan hormat dan penuh kasih sayang..

Sahabatku, sebagai manusia tentu kita tidak akan pernah lepas dari segala problem dan tantangan, semuanya datang untuk menguatkan kita. Bukan berarti jika anda menghindari semua hal di atas anda akan terbebas dari kekecewaan, ketidakbahagiaan, tidak sama sekali.

Saya hanya ingin anda melihat perspektif lebih luas, untuk lebih sering bahagia. Dalam waktu yang terbatas ini.

Semoga bermanfaat