Selasa, 28 April 2015

Apa Yang Orang-Orang Pikirkan Di Penghujung Usia Mereka



"We all die. The goal isn't to live forever. The goal is to create something that will"


"Kita semua akan mati. Tujuannya bukanlah untuk hidup selamanya. Tujuannya adalah menciptakan sesuatu yang akan hidup selamanya"

Usia seseorang adalah misteri. Tidak ada yang pernah mengetahuinya. Beberapa sahabat baik saya meninggalkan hidup ini dalam usia yang masih muda. Meninggalkan suami atau isteri mereka, anak-anaknya yang masih kecil atau kedua orang tuanya yang menyayanginya. 


Beberapa orang yang saya kenal, pergi satu persatu.

Saya bertanya kepada beberapa orang yang saya kenal yang berada di penghujung usia mereka. Orang-orang yang sudah menginjak usia lima puluh, enam puluh bahkan tujuh puluh tahun. Tentang apa yang mereka sesali. Apa yang paling berkesan selama lebih dari beberapa tahun menjalani kehidupan yang singkat ini. 


Apa yang paling penting dan pelajaran berharga apa yang mereka dapatkan.

Secara umum, inilah yang saya bisa simpulkan,

“Tentang cinta, tentang hubungan mereka dengan keluarganya, dengan anak-anaknya, dengan orang-orang yang mereka kenal. Tentang perhatian dan kasih sayang yang mereka berikan dan mereka terima. Tentang satu atau dua orang spesial yang mereka kenal, yang hadir mengisi kehidupan mereka. Tentang penyesalan yang tidak akan berguna lagi. Tentang berbuat baik dan memaafkan.”

Mungkin inilah makna spiritual dalam kehidupan, cinta.

Cinta untuk orang-orang yang kita sayang,

Inilah yang akan abadi yang seharusnya menjadi acuan kita. 

Untuk mencintai, memberikan kasih sayang, perhatian dan ketulusan bagi beberapa orang yang kita kenal dekat dan hadir mengisi hidup kita.

Terkadang kita lupa semua itu. Terkadang kita terlalu sibuk. Terkadang kita memperbesar perkara sepele. Ucapan mereka akan mengingatkan kembali tentang apa yang terpenting.

Makna dari segalanya, cinta.

Semoga menginspirasi,