Kamis, 30 April 2015

Menghilangkan Rasa Jenuh


"I dont know where I'm going from here. But I promise it won't be boring" David Bowie

"Saya tidak tahu saya akan pergi kemana setelah ini. Tapi saya janji, saya akan menjalani hidup yang tidak membosankan" David Bowie

Jika saat ini anda sedang membaca tulisan saya, besar kemungkinan anda pernah mengalami jenuh, bosan atau kurang tantangan dalam hidup anda. 

Bagaimana saya bisa tahu? Karena sebagai manusia, itu adalah hal yang normal terjadi dan saya pun mengalami hal yang sama dalam beberapa waktu.

Dalam momen-momen tertentu yang tidak kita sadari, kita bisa terjatuh dalam kejenuhan dan kebosanan. Walaupun kita benar-benar hidup pada saat itu, tapi seolah-olah jiwa kita kosong dan hampa. 

Setiap momen kejenuhan yang kita alami, adalah momen dimana kita kehilangan waktu berharga untuk melakukan suatu hal yang bermakna. Sekali lagi saya ulangi,

Setiap momen kejenuhan yang kita alami, adalah momen dimana kita kehilangan waktu berharga untuk melakukan suatu hal yang bermakna

Wayne Dyer pernah menulis,
“Hidup sebenarnya tidak pernah membosankan. Kita yang memilihnya menjadi membosankan”

Pertanyaannya, kenapa orang memilih hidup yang membosankan? Karena memang upaya untuk keluar dari rasa jenuh itu sangat berat. Berat untuk keluar dari perasaan jenuh. Kita terbatas pada solusi-solusi yang tidak berguna. 

Sebelum saya berbagi apa saja yang bisa anda lakukan untuk mengusir jenuh dalam kehidupan anda, saya ingin menjelaskan sedikit tentang bosan tersebut,

(Penjelasan ini saya dapat dari sebuah jurnal psikologi)
Para psikolog membagi bosan itu menjadi 3 kategori,
1. Bosan adalah perasaan di mana kita dipaksa melakukan suatu hal yang tidak kita sukai

2. Bosan adalah karena kita ‘dicegah’ untuk melakukan suatu hal yang ingin kita lakukan

3. Bosan adalah perasaan tidak ingin melakukan beberapa hal dalam momen-momen tertentu

Perasaan jenuh itu sedikit berbahaya, karena jika berlangsung terlalu lama akan membawa seseorang menuju depresi atau stress.

Untuk megusir rasa jenuh, berikut saya berikan beberapa ide bagaimana mengusir dan menanganinya,

1. Untuk mengalahkannya, anda harus mengenalinya
Mari kita dalami arti dari kata ‘bosan’. Menurut kamus bahasa Inggris, Oxford dictionary, perasaan bosan diartikan sebagai berikut: 

“perasaan gelisah atau tidak sabar karena kekosongan dalam suatu aktifitas atau waktu tertentu”. 

Dengan memahami pengertiannya, kita akan dengan mudah mencari solusinya.

Contoh:
Saat saya menunggu antrian di supermarket untuk melakukan pembayaran di kasir, saya merasa ‘bosan’. Kenapa? Karena ada kekosongan dan keterpaksaaan dalam melakukan antri tersebut. Jadi solusinya? Saya mengisi kekosongan tersebut dengan melakukan beberapa aktifitas seperti membaca blog melalui smartphone saya, mengajak ngobrol isteri saya, atau bahkan main games.

Jadi, solusi pertama, LAKUKAN SESUATU.


2. Lakukan sebuah hobi atau membuat karya seni
Seorang profesor psikologi pernah menulis: “Tidak ada orang yang bosan saat ia membuat sesuatu yang indah, yang penuh makna, atau menemukan suatu kebenaran”

Jadi, solusinya, terlibatlah dalam aktifitas-aktifitas yang berhubungan dengan hobi anda, menulis, melukis, fotografi, bermain musik, atau berlatih catur dan olahraga lainnya.

3. Join kursus
Mempelajari hal baru membuat hidup menjadi menarik dan menantang.

4. Bertemu orang baru

5. Membaca buku menarik

6. Mendengarkan musik menarik.

Mendengarkan musik membuat anda rileks, bersemangat atau bahkan mungkin terinspirasi

7. Menonton film

8. Berjalan kaki

Beberapa blok dari rumah atau pergi ke taman

9. Menulis jurnal
Menulis ide-ide kreatif, menantang otak anda menjawab pertanyaan-pertanyaan spesifik, menulis impian anda, merancang program yang akan anda eksekusi dalam waktu dekat, mengevalusi apa yang sudah anda lakukan selama ini

10. Melakukan sesuatu yang bermanfaat
Intinya adalah membuat tubuh anda bergerak. Membersihkan rumah, menyapu, mengepel, mencuci pakaian kotor. Jangan pikirkan jenis aktifitasnya. Yang penting adalah anda bergerak dan melakukan sesuatu.

11. Rubah sudut pandang anda terhadap sesuatu
Misal, “Saya bekerja mencari uang” ganti dengan “ Saya bekerja untuk bersenang-senang dan bermain sambil dibayar”

12. Membuat sasaran daftar impian anda dan merancang rencana bagaimana meraihnya

13. Memelihara binatang peliharaan

14. Melakukan sesuatu yang selama ini anda tunda

15. Menantang diri anda melakukan seuatu hal yang selama ini anda takutkan

Sahabatku,
Anda tidak bisa saja duduk di sana, membaca tulisan, melihat youtube, membuka facebook atau situs social media lainnya. 

Bertanggung jawablah terhadap kebahagiaan dan antusiasme anda sendiri. Jangan menunggu seseorang mengajak anda.

Sadari bahwa hidup ini adalah sebuah kado yang indah dari Tuhan. Buka, nikmati dan bersenang-senanglah dengan kado tersebut. Bernafas dalam magic, keajaiban, gairah, semangat, optimisme.

Sempatkan waktu untuk anda sendiri. Untuk memikirkan arah kehidupan anda, menantang diri anda melakukan hal-hal yang menakutkan anda. Hal yang beresiko.

Fokus dengan apa yang anda sedang lakukan sekarang. Nikmati, hayati, lakukan dengan penuh penghayatan. Hargai momen yang ada saat ini.

Saat seseorang bosan, mereka artinya tidak suka melakukan apa yang terjadi saat ini.Tapi mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan. Jadi, jika anda mengalami jenuh atau bosan, itu adalah sebuah tanda. Bahwa anda harus berhenti dan berpikir sejenak. Jika anda tidak menyukai yang sedang anda lakukan saat ini, bisakah anda merubahnya? Apa yang bisa anda lakukan? Jika tidak bisa, bisakah anda melakukan hal lain yang masih bisa anda lakukan? Atau bahkan merubah sudut pandang anda.

Bosan atau jenuh adalah merupakan panggilan. Panggilan untuk perubahan. Panggilan untuk melakukan sesuatu. Panggilan untuk mengambil tindakan. Panggilan untuk jiwa petualngan anda. Manfaatkan pertanda ini sebagai panggilan positif untuk anda.
Lakukan sesuatu. Lakukan sekarang. Maka perasaan jenuh anda akan hilang.

Suatu saat ia akan datang lagi. Tapi sekarang anda sudah mengenalnya dan tahu bagaimana mengatasinya. Jadi ingat kembali strategi anda.

Semoga bermanfaat,