Jumat, 24 April 2015

Bagaimana Bertahan Dengan Keunikan dan Perbedaan Anda?





“First they ignore you, then they ridicule you, then they fight you, and then you win”

“Pertama mereka akan mengabaikan anda, lalu mengolok-ngolok anda, lalu mereka akan melawan anda, hingga akhirnya anda menang”

Pernahkah anda mempunyai sebuah ide atau gagasan, lalu ide atau gagasan itu mati sebelum tumbuh dan berkembang hanya karena ucapan pesimis dari orang lain yang anda minta pendapatnya?

Pernahkah anda bersemangat untuk suatu hal yang sangat ingin anda lakukan atau anda raih, namun anda urung melaksanakannya karena pendapat dan masukan konyol dari orang lain?

Saya tidak akan lupakan suatu kejadian ketika dulu saya berkenalan dengan seorang wanita. Wanita itu adalah seorang eksekutif dan pengusaha di bidang fashion. Ia pergi ke sekeliling Asia untuk mencari baju-baju kualitas terbaik lalu menjualnya kembali di Indonesia.

Suatu siang kami duduk di sebuah kedai kopi di area bandara, terminal bandara, sambil menunggu penerbangan menuju Thailand. Ia menceritakan tentang seluk beluk bisnisnya dan menceritakan betapa hidupnya telah begitu berhasil secara finansial atas usaha yang dijalaninya tersebut.

Sesaat kemudian ia bertanya,
“Lo kayaknya enjoy banget kerja di sini. Kalo rencana buat masa depan lo apa di? Impian lo yang terbesar?”

Dengan santai saya menjawab,
“Gua mau pulang kampung. Gua bakalan ngedosen, jadi trainer, punya beberapa ekor kambing dan kerbau, nanam beberapa batang pohon dan sayuran dan ngabisin waktu lebih banyak buat anak sama istri gua”

Mendengar jawaban saya, si wanita itu kaget dan kemudian tertawa terbahak-bahak.

“What? Ngurus kerbau?Hahahahaha…Serius lo?”

Tujuh tahun berlalu, saya masih kokoh dan kuat dengan pendirian saya. Tujuh tahun berlalu dan saya menjalani hidup yang saya impikan.

Sahabatku,
Siapapun anda di sana. Apapun impian anda. Apapun definisi anda mengenai sukses, yakinilah itu sepenuh hati terlepas suara miring dari orang-orang di sekeliling anda

Yakinilah, bahwa setiap diri kita unik dan berbeda.
Anda tentu merasa pernah ‘dikucilkan’ karena anda berbeda dari kebanyakan orang lain. Anda tidak perlu khawatir, karena kita tahu bahwa hal itu pasti terjadi kepada mereka yang benar-benar berani menunjukkan keunikannya di dunia ini.

Ada tiga reaksi negatif yang biasa dilakukan ketika orang merasa bahwa dirinya berbeda dari yang lain,

1. Isolasi
Mengurung diri dalam kesendirian, tertutup dan menghindari bertemu dengan banyak orang. Ia hanya berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang yang memiliki karakteristik yang sama dengan dirinya. Hobi yang sama, visi yang sama dan pandangan yang sama terhadap suatu hal yang menjadi pengikatnya.

2. Penolakan
Anda menolak diri anda berbeda dan unik. Dengan menolak mengakui bahwa diri anda unik, anda berpura-pura, memasang topeng bagi anda sendiri, semua tujuannya agar anda bisa masuk dan diterima dalam sebuah kelompok.

3. Melukai diri sendiri
Ini merupakan hasil dari isolasi dan penolakan. Kesendirian yang terlalu lama, hidup dalam kesendirian terlalu lama, hingga akhirnya berakibat kepada melakukan hal-hal yang merusak diri sendiri. Depresi, belanja berlebihan, bersosiasilasi berlebihan, mengkonsumsi social media berlebihan, mengeluh, merasa menjadi korban dan sebagainya adalah bentuk yang terburuk.

Jika anda merasa berbeda, JANGAN BERUBAH, kecuali berubah itu adalah untuk menjadi lebih baik.Tetaplah menjadi diri anda dengan sejuta warna dan keunikan anda. Saya ingin berbagi kepada anda bagaimana mempertahankan perbedaan dan keunikan dalam diri anda sementara anda terus menerus meningkatkan diri.

1. Tetaplah sibuk dengan orang-orang yang mendukung anda
Yang mau mendengarkan anda. Yang memahami keunikan dan kebesaran mimpi anda. Yang siap mendukung dan membantu anda dikala dibutuhkan. Jika anda adalah seorang gamers, berkumpul dengan para gamers. Jika anda seorang pecinta komik dan memiliki kecintaan mendalam tentang dunia komik dan ilustrasi, bergabunglah dengan komunitas yang menyenangi hal tersebut.

Dengan menyibukkan diri anda menghabiskan waktu dengan orang-orang positif akan melupakan anda dari memikirkan kata-kata negatif dari orang-orang yang tidak setuju atautidak menyukai pilihan anda.

2. Gunakan perbedaan anda untuk menciptakan perbedaan
Ada sebuah kutipan yang bagus yang pernah saya baca,

“Anda bisa menjadi berbeda dengan orang lain bukan karena anda berbeda, melainkan karena anda mampu menciptakan perbedaan”

Gunakan keunikan anda untuk membantu orang lain. Jika anda memang menderita suatu penyakit tertentu yang berbahaya, bergabunglah dan bentuklah sebuah komunitas yang terdiri dari orang-orang yang memiliki penyakit yang sama dengan anda dan bantu meringankan penderitaan mereka.

Begitu juga jika anda menyukai musik, menggambar, atau keunikan lainnya.

Apa lagi yang anda tunggu?
Tunjukkan perbedaan anda dan keunikan anda. Lalu ciptakanlah perbedaan.

Anda adalah unik. Anda adalah satu-satunya. Tidak ada satupun yang sama persis dengan diri anda. Anda berbeda. Dan dalam perbedaan dan keunikan itu, anda menyimpan sejuta pesona keindahan yang bisa membuat dunia ini menjadi lebih baik.

Keunikan anda bisa membuat kehidupan anda dan orang-orang di sekeliling anda menjadi penuh keceriaan dan warna. Jangan biarkan suara-suara berisik mengganggu dan menghalangi anda.

Jalani impian anda sekarang,