Kamis, 02 April 2015

Enam Puluh Ide Sederhana Yang Akan Langsung Membuat Anda Bahagia



"To be happy, you must be your own sunshine"
"Untuk bahagia, anda harus menjadi mentari untuk anda sendiri"

Kenapa anda murung?
Apa yang anda sedang pikirkan?

Apa yang anda inginkan?
Mobil, tabungan, pekerjaan, traveling ke tempat eksotis?

Sadarkah anda bahwa semua yang kita inginkan pada dasarnya didasari oleh keinginan kita untuk mengejar suatu emosi atau perasaan tertentu? 
Kita lihat contoh berikut ini,

Anda ingin memiliki badan yang lebih atletis: Pada dasarnya anda menginginkan perasaan 'merasa' bangga, senang dan sehat.

Anda ingin traveling ke luar negeri: Pada dasarnya anda menginginkan perasaan 'merasa' bebas, petualang, senang.

Anda ingin membeli gadget terbaru dengan harga selangit: Pada dasarnya anda menginginkan perasaan 'merasa' bangga, senang dan bahagia.

Coba periksa contoh-contoh lainnya dalam hidup anda.
Semua murni dikarenakan motivasi kita mengejar suatu 'perasaan'.

Saya ingin berbagi dengan anda pengalaman saya pribadi.
Saya tidak memiliki uang yang banyak, saya tidak memiliki pekerjaan dengan gaji yang besar, saya tidak memiliki kendaraan atau rumah mewah, tapi saya bersyukur hari-hari saya diisi dengan kedamaian, kebahagiaan dan kesenangan.

Tidak setiap saat tentunya. Karena sebagai manusia biasa, saya juga pasti mengalami hal-hal buruk seperti yang anda alami juga.

Bad day, bad moment, sad moment.

Yang ingin saya bagikan adalah bagaimana agar anda lebih sering bahagia, bersemangat dan antusias. Terlepas situasi atau kondisi apapun yang sedang anda hadapi saat ini.

Apa yang saya lakukan?
Saya menulis, menyimpan dan melakukan  daftar panjang tentang hal-hal yang membuat saya bahagia. Saya menuliskan hal-hal YANG BISA SAYA LAKUKAN SEKARANG. Tanpa harus mengandalkan faktor eksternal atau hal lain yang di luar  kendali kita.

Contoh: Dalam daftar saya saya tidak menulis saya bahagia saat gajian. Kenapa? Karena gajian adalah suatu hal di luar kendali saya. Saya fokus kepada hal-hal sederhana yang bisa saya lakukan.

Langsung saja, berikut ini adalah 25 daftar pribadi saya. Aktifitas-aktifitas yang akan langsung membuat anda bahagia saat ini juga,

1. Bangun pagi-pagi (saya rutin bangun jam 5 pagi), memberikan kedamaian, ketenangan dan keleluasan untuk merencanakan hari yang produktif

2. Bermain dan bercanda dengan isteri dan anak saya

3. Meditasi

4. Mencoba hal baru (menu baru untuk makan, rute baru, hobi baru)

5. Menulis (blog, ebook)

6. Menonton film oscar (film yang berkualitas dan menginspirasi)

7. Bermain gitar

8. Membaca buku atau novel fantasi

9. Membaca blog pengembangan pribadi

10. Melakukan perencanaan (merancang goals mingguan, bulanan, tahunan)

11. Bertemu sahabat lama dan menikmati kopi

12. Memberikan training, seminar, konsultasi dan motivasi

13. Menelpon atau mengunjungi orang tua di Kampung

14. Memberikan pujian tulus kepada orang lain

15. Melayani orang lain

16. Mendengarkan lagu favorit (The Beatles, Rolling Stones, The Who)

17. Menonton film seri favorit (The Simpsons, CSI, National Geographic)

18. Membaca artikel sejarah (semua tentang sejarah dan peperangan)

19. Menikmati makanan favorit (lalapan, sayur asem, ikan asin, sambal pedas)

20. Lari pagi (walaupun saya tidak rutin melakukannya)

21. Membaca dan mempelajari Al Quran

22. Bercanda dengan rekan kerja dan atasan di kantor

23. Membersihkan dan merapihkan rumah (memandangi koleksi buku dan film saya)

24. Memberi kejutan kepada isteri saya

25. Menonton pembicara internasional di Tedx.com


Nah, itulah 25 daftar pribadi saya.

Saya akan menambahkan 35 daftar lainnya yang umum yang bisa anda lakukan,

26. Bertemu kekasih anda

27. Menyatu dengan alam di sekitar anda

28. Kelilingi diri anda dengan orang-orang positif

29. Melakukan sesuatu yang sudah anda tunda-tunda

30. Belajar sesuatu yang baru

31. Menyentuh segala hal yang membuat anda bahagia: kucing, pepohonan, burung, mobil anda, dll

32. Jangan kahawatir

33. Menantang diri anda

34.  Berjalan-jalan di taman

35. Memperhatikan matahari terbit

36. Ikuti kata hati anda

37. Menghabiskan waktu sendiri selama satu hari

38. Mengendarai sepeda

39. Memaafkan kesalahan orang yang telah menyakiti anda

40. Bermimpi besar

41. Memulai langkah kecil dan pertama anda

42. Tertawa

43. Tidur dan istirahat

44. Tantang diri anda untuk tidak membeli sesuatu yang tidak penting

45. Menceritakan impian anda kepada orang lain

46. Berkenalan dan mengajak bicara dengan orang asing

47. Jalan-jalan ke museum

48. Mengunjungi rumah saudara anda yang sudah lama tidak anda jumpai

49. Merapihkan meja kerja anda

50. Menabung atau berinvestasi

51. Menonton konser penyanyi favorit anda

52. Menonton pertandingan olahraga

53.Menghindari berdebat

54. Bersyukur dan berdoa

55.Hiking

56. Mentraktir teman kerja anda

57. Memberi kejuatan kepada sahabat anda

58. Membuat daftar tanggal ulang tahun sahabat dan keluarga anda

59.Mengakhiri hubungan dengan orang yang tidak membuat anda bahagia

60. Mengurangi waktu menonton tv

Well,
Itulah daftar hal-hal yang saya jamin akan membuat anda bahagia saat ini juga.

Jadi, jika anda tidak bisa, malas melakukan satu dua hal di atas, masih ada 50 hal lainnya yang bisa anda lakukan.

Tunggu apa lagi, bahagia itu sederhana. Di sini, sekarang, dalam genggaman anda.

Semoga menginspirasi dan selamat berlibur,
(Saya akan membawa anak saya pertama kali keluar kota mengendarai kereta api :)