Senin, 19 Mei 2014

Enam Skill Penting di Era Milenium Dalam Pekerjaan



Dari sang Legenda, Jim Rohn

Berikut adalah prinsip-prinsip sederhana untuk mencapai keberhasilan dalam dunia karir dan ekonomi di era milenium...

Di era modern saat ini, tidak cukup kita memiliki satu atau dua skill. Kita harus memiliki skill lebih dari satu. Sehingga kita mampu bersaing dan menjadi tidak tergantikan.

Hukum ekonomi menyatakan,

"Semakin tinggi permintaan, semakin langka suatu produk, maka harga akan semakin mahal"
Salah satu tugas utama kita di dalam pekerjaan atau organisasi adalah untuk selalu mengasah skill sehingga menjadi sosok yang bernilai dan dihargai tinggi oleh sebuah organisasi. Untuk menjadi sosok langka dan paling dicari.

Berikut adalah skill-skill penting yang dibutuhkan saat ini,

1. SALES (MENJUAL)
Siapa yang tidak menginginkan seseorang yang memiliki kemampuan menjual? Apapun profesi anda, kita adalah penjual. Sales adalah keahlian yang paling cepat mengantarkan seseorang ke puncak organisasi. Namun sayang, kita memandang dunia sales ini adalah dunia 'memalukan' dan harus dihindari

2.BAHASA ASING
Kuasai satu atau dua bahasa asing dengan sangat baik, maka anda akan menjadi orang yang dicari.

3. MEMIMPIN
Mengorganisir tugas dan pekerjaan serta sekelompok orang agar mereka mau melakukan sesuatu yang menjadi tujuan anda atau tujuan organisasi. Skill ini sangat penting di dalam keberlangsungan sebuah karir atau organisasi

4. MEMECAHKAN MASALAH
Semua orang, semua organisasi, semua perusahaan pasti memiliki beberapa masalah baik masalah besar maupun kecil untuk dipecahkan. 

Jika anda atau saya memiliki solusi atau mampu menawarkan pemecahan terhadap permasalahan yang tengah dihadapi orang lain, masyarakat atau perusahaan yang anda lamar, dipastikan anda menjadi orang yang sangat dicari.

5. PROMOSI DAN MEMBERIKAN PENGHARGAAN DAN PUJIAN UNTUK ORANG LAIN
Siapa yang tidak menginginkan penghargaan dan pujian? Namun berapa sering anda memberikan pujian? Padahal hampir semua orang membutuhkan penghargaan.

Berlatihlah mulai hari ini untuk memberikan apresiasi dan penghargaan tertinggi kepada setiap orang yang anda nilai telah menjadi orang yang luar biasa. Memberi penghargaan tidaklah mahal. Ia gratis, anda bisa memberikannya kapan saja, namun dampaknya luar biasa besar.

6. KOMUNIKASI (Mempengaruhi orang lain menggunakan bahasa anda)
Entah melalui training, pengajaran, asahlah selalu keahlian komunikasi anda, terutama dalam mempengaruhi orang lain.

Masih banyak skill lain yang bisa anda asah agar anda mampu bersaing di era milenium saat ini.

Satu fakta pasti, lapangan pekerjaan sepertinya masih jauh kapasitasnya untuk menampung jumlah lulusan dan pengangguran.

Kalaupun anda sudah bekerja saat ini, itu pun belum cukup. Anda harus membawa ke level lebih tinggi lagi untuk menjadikan anda sosok berharga dan tidak tergantikan.

Semoga bermanfaat,