Selasa, 06 Mei 2014

Tujuh Elemen Penting Kebahagiaan


"Be happy with what you have and what you are, be generous, then you won't have to hunt for happiness"

"Bahagialah dengan apa yang anda miliki dan dengan siapa diri anda apa adanya, berbaik hatilah, maka anda tidak perlu mengejar kebahagiaan"

Kebahagiaan menjadi barang langka di dunia modern ini.

Kebahagiaan menjadi semakin rumit, khususnya pada masyarakat perkotaan.

Ada pemahaman keliru mengenai kebahagiaan selama ini. Kebahagiaan sudah ada dalam diri kita. Kebahagiaan tidak berada di luar.

Saya tidak akan membuat bahagia menjadi rumit.

Sederhananya, ada elemen-elemen penting untuk menjadikan anda bahagia. Berikut adalah elemen-elemen tersebut:

1. PASSION
Passion adalah cinta, hasrat, gairah,semangat dan antusiasme terhadap suatu hal atau pekerjaan tertentu. Passion bukan hobi. Passion bukanlah pekerjaan anda. Passion adalah bara api yang terus berkobar dalam sanubari anda. Passion adalah panggilan jiwa anda. Sesuatu yang menuntut anda untuk menciptakan perbedaan, untuk menciptakan makna.

Temukan passion anda, maka anda menemukan kebahagiaan.

Sudahkah anda temukan passion anda saat ini?

2. BERPIKIR POSITIF
Dunia ini adalah hanya mengenai perspektif anda. Cara anda memandang dunia ini, menentukan kebahagiaan anda. Ada dua pilihan, positif dan negatif. Mana yang anda pilih. Apapun yang anda terima dan rasakan, semua bergantung kepada cara anda memandangnya.

Bisakah anda melihat sisi positif dari hal negatif yang terjadi kepada anda?

3. BERSYUKUR
Bersyukur adalah kepanjangan dari berpikir positif. Bersyukur adalah sikap. Bersyukur berarti anda tidak selalu melihat kekurangan anda atau melihat apa lagi yang kurang dalam hidup anda. Bersyukur berarti bahagia dengan apa yang anda sudah miliki saat ini, bahagia dengan diri anda apa adanya. 

Bersyukur artinya anda tidak membanding-bandingkan diri anda dengan orang lain. Anda bahagia dengan wajah dan tubuh yang anda miliki. Dengan pekerjaan yang anda jalani. Terlepas apapun situasi atau kondisi di sekeliling anda, pikiran dan hati anda kokoh dengan keyakinan bahwa anda istimewa. Bahwa anda unik, bahwa anda telah dianugerahi berkat.

Sudahkah anda bersyukur hari ini?

4.JUJUR
Jujur berarti anda tidak menipu, tidak membohongi diri anda sendiri maupun orang lain. Tidak membohongi atasan anda, perusahaan anda, keluarga anda. Jujur artinya apa yang anda ucapkan sama dengan apa yang anda lakukan. Jujur berarti anda menjadi diri anda apa adanya. Tidak berpura-pura.

5. MENUNTASKAN TUGAS ANDA
Anda punya tugas atau misi atau bahkan rencana yang belum anda selesaikan atau belum anda lakukan? Lakukan dan tuntaskan. 

Kemampuan anda dalam menyelesaikan tugas tersebut akan menentukan level kebahagiaan anda. Pernahkah anda berhasil menuntaskan suatu tugas atau misi tertentu? Apa yang anda rasakan? Saya yakin, anda pasti merasa lega dan bahagia.

Namun apa yang terjadi sebaliknya?Jika sampai saat ini, masih ada satu daftar tugas atau pekerjaan yang belum rampung anda selesaikan? Bagaimana jika hingga saat ini ada komitmen yang belum anda penuhi?

Melihat ke belakang, pasti anda berpikir bahwa anda telah menyia-nyiakan waktu anda.

Apa tugas yang belum anda tuntaskan hingga saat ini?
Bisakah anda menuntaskannya? Sedikit demi sedikit?

6. MENOLONG ORANG LAIN
Orang yang bahagia sudah pasti mau membantu orang lain. Mau menolong teman, keluarga, sahabat, atasan, bawahan maupun perusahaan tempat ia bekerja. Orang yang tidak bahagia sebaliknya, dia menyakiti dan membohongi orang lain. Dia menipu dan menjadi sumber masalah untuk orang lain. 

Kenapa anda harus menolong orang lain? Anda tahu alasannya.
Sudahkah anda menolong orang lain hari ini?

7. MENYEMPATKAN WAKTU BERSAMA ORANG YANG DICINTAI
Sesibuk apapun. Apapun alasannya, entah itu demi ekonomi dan sebagainya. Orang yang bahagia pasti menyempatkan dirinya untuk menghabiskan waktu bersama orang yang ia cintai. Bersama isterinya, anaknya, orangtuanya atau kekasihnya. Lagipula, apa artinya kebahagiaan jika kita tidak membaginya bersama orang yang kita cintai.

Sudahkah anda menyempatkan waktu bersama orang yang anda cintai hari ini?

Ada elemen-elemen lain mengenai kebahagiaan yang jika saja anda sedikit jeli dalam memahami diri anda.

Tidak perlu lagi menggunakan pesta, alkohol, pergi ke klub malam, belanja, bermain games tanpa henti untuk menjadikan anda bahagia.

Anda sudah memilikinya dalam diri anda.
Apa lagi yang anda cari?

Semoga menginspirasi.
Salam bahagia,
Adi