Rabu, 21 Mei 2014

Yang Tersulit Justru Adalah Yang Terbaik




"Disiplin adalah jembatan antara mimpi dan pencapaian anda"

Saya telah mencoba bangun tidur lebih awal konsisten jam 5 pagi, karena saya tahu manfaatnya besar sekali. Berulang-ulang saya mengalami kegagalan dan kekecewaan karena saya tidak mampu melakukannya dan menjadikannya sebuah kebiasaan. Hingga akhirnya berhasil,

Saya telah mencoba melamar ke berbagai perusahaan untuk mencari pengalaman baru di dunia training dengan tantangan lebih besar, berulang kali saya gagal, hingga akhirnya berhasil,

Saya telah mencoba mendisiplinkan diri menabung dan menyisihkan uang dan memiliki simpanan untuk keamanan keuangan, berulang kali gagal dan terpakai lagi, hingga akhirnya saya menemukan strategi ampuh dan berhasil,

Saya telah mencoba mempengaruhi beberapa orang untuk mau bekerjasama dan berinvestasi bersama, beberapa orang sepertinya tidak tertarik dengan ide 'konyol' yang saya utarakan, hingga akhirnya menggunakan strategi dengan jumlah kecil namun dengan jumlah orang yang banyak, ide itu bisa terwujud,

Tidak ada yang mudah untuk melakukan hal-hal di atas.

Merubah kebiasaan bukanlah perkara mudah. SULIT, namun seandainya anda mampu melakukannya, maka imbalannya pantas dan layak sekali anda dapatkan.

Saya akan sebutkan apa saja hal-hal sulit yang sebenarnya terbaik jika kita mau lakukan,

1. Olahraga
Menyeret tubuh anda untuk hanya melakukan sit up atau push up, bukanlah perkara mudah

2. Menjalin hubungan
Menjadi pendengar yang baik bukanlah perkara mudah. Sangat sulit. Menjadi orang yang penyabar dan penuh kasih sayang, bukanlah perkara mudah. Mengalahkan ego dan mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Namun, jika anda berhasil melakukannya, anda akan merasakan buahnya.

3. Komunikasi
Berbicara di depan umum, didepan orang banyak, di depan orang-orang yang belum anda kenal, mengutarakan ide dan pemikiran anda, bukanlah perkara mudah. Ada perasaan grogi, malu dan sebagainya, namun jika anda berhasil melakukannya dan mampu merubahnya menjadi sebuah kebiasaan, buahnya manis sekali.

4. Menabung
Menyisihkan uang, memotong pengeluaran, mendisiplinkan diri untuk menabung dan berinvestasi bagi banyak orang adalah hal paling sulit dilakukan. Terlebih jika pemasukan dinilai pas-pasan. Namun, jika anda mampu merubah pandangan dan mendisiplinkan diri, menyisihkan sedikit saja dari yang anda hasilkan, buah yang akan anda tuai kelak sangat besar sekali manfaatnya.

Dan masih banyak hal sulit lainnya, mulai dari memulai bisnis, pindah kerja, keluar dari zona nyaman, mendekati wanita impian anda, semuanya sulit dan paling sulit dilakukan.

Lalu bagaimana anda melakukannya?

1. Luangkan waktu memikirkan dan menulis hal sulit apa saja yang ingin anda lakukan. 
Bayangkan rasa takut anda, lalu terimalah rasa takut itu. Daripada anda ciut, kuatkanlah keyakinan anda, bahwa anda mampu, bahwa anda bisa melakukannya.

2. Sisihkan waktu setiap hari selama beberapa menit untuk berlatih melakukan hal-hal yang menurut anda sulit. 
Tidak perlu dengan cara ekstrem atau dalam dosis besar, lakukan sedikit demi sedikit.

3. Jangan mengelak jika mulai muncul perasaan tidak nyaman. 
Nikmatilah ketidaknyamanan itu, dan jadikanlah hal itu sebagai kebiasaan. Fokus dan nikmati prosesnya.

4. Nikmati prosesnya. 
Rasakan tubuh anda saat melakukannya. Hayati dan biarkan ia mengalir sampai anda benar-benar menuntaskannya.

Hal-hal berikut layak anda coba:
1. Menegur dan mengajak bicara orang asing
2. Mendekati wanita impian anda
3. Menabung
4. Push up 5x setiap hari
5. Melamar pekerjaan baru
6. Sholat lima waktu
7. Bangun tidur lebih awal

Selamat mencoba,