Selasa, 14 Oktober 2014

8 Hal Yang Sering Dilupakan Setiap Pasangan Yang Akan Membuat Hubungan Mereka Langgeng

DE Landscape 08: Tiergarten Old Couple

"A real man never stops trying to show a woman, how much she means to him. Even after he's got her"


"Lelaki sejati tidak akan berhenti menunjukkan betapa wanita itu begitu berarti baginya, walaupun ia sudah memilikinya sepenuhnya"

Usia pernikahan saya baru dua tahun, rasanya saya belum pantas untuk menulis tulisan ini. Namun, pikiran dan tangan saya tidak bisa diam untuk bisa menuliskan tulisan berharga ini berdasarkan pengalaman singkat saya menyaksikan begitu banyak hubungan pernikahan yang terkoyak.

Dalam kehidupan saya, saya banyak menemukan dan mengamati banyak sekali pasangan yang mulai melupakan janji suci mereka pada saat pernikahan hingga akhirnya mereka memutuskan bercerai dan berpisah. Keduanya akhirnya menjadi korban dari keegoisan dan kesombongan masing-masing karena kurangnya pemahaman dalam berhubungan dan berinteraksi dengan pasangan.

Tidak akan saya lupakan pengalaman dalam hidup saya saat menemukan banyak sekali sahabat-sahabat saya yang menjadi korban dari perceraian kedua orang tua mereka. 

Namun di sisi lain, saya bersyukur, pernikahan kami yang baru seumur jagung dikaruniai kebahagiaan dan kedamaian untuk bisa saling menjaga diri dan mengerti satu sama lain. 

Bukan perkara mudah memang..

Selain karena kurangnya kematangan dan pemahaman dalam bagaimana sebaiknya saling memperlakukan pasangan, sepertinya pasangan yang telah menikah melupakan beberapa hal kecil berikut yang justru jika dilakukan dengan konsisten akan membuat hubungan mereka menjadi langgeng, penuh warna dan romantisme yang indah,

1. Mereka Terus Menerus Berbagi Tentang Minat dan Hal Menarik Yang Dimiliki Oleh Pasangannya

Perhatian akan salah satu minat yang sama dalam kehidupan anda berdua akan menjadi pengikat yang sangat erat dalam jalinan kisah cinta anda dan perkawinan anda. 

Sangat disarankan agar anda berdua sering terlibat dalam sharing dan berbagi perhatian terhadap minat yang sama-sama anda miliki berdua. 

Dalam pernikahan saya, minat kami berdua yang begitu besar adalah minat akan petualangan dan travelling yang mengalahkan minat kami terhadap kehidupan materialistis. Itulah kesamaan kami..

Kami berdua juga merupakan pasangan yang sama-sama dilahirkan dari keluarga biasa namun memiliki motivasi besar untuk bisa membahagiakan kedua orang tua kami.

Apa minat anda berdua yang sama-sama anda miliki?

2. Mereka Berangkat Tidur Bersamaan di Malam Hari

Pelajaran ini saya dapatkan dari kakak saya tercinta yang telah menjalani pernikahan selama 15 tahun lebih. Ada stau hal yang sangat saya kagumi dan banggakan dari mereka, yaitu walaupun mereka tidak dikaruniai anak, mereka selalu setia dalam menjaga hubungan pernikahan dan kesucian ikatan pernikahan mereka. 

Salah satu hal yang sering mereka lakukan dan konsisten mereka jalankan adalah mereka selalu pergi ke kamar tidur dan tidur dalam waktu yang bersamaan. Hal inilah yang saya tiru di rumah, di mana saya tidak pernah datang kerumah dalam keadaan isteri saya sudah tertidur pulas. Begitu juga sebaliknya, kami selalu berusaha untuk tidur dalam waktu yang bersamaan.

3. Mereka Tidak Pernah Pergi Tidur Dalam Keadaan Marah

Pernah beberapa kali dalam kehidupan pernikahan kami, kami terlibat dalam beberapa perselisihan yang mengakibatkan saya atau isteri saya marah. Namun, saya beruntung dianugerahi kemampuan untuk memaafkan atau meminta maaf setelah terjadi peristiwa tersebut. 

Biasanya saya selalu mengalah dan memastikan bahwa isteri saya sudah tidak lagi marah atau ngambek sebelum ia menutup matanya dalam tidurnya.

4. Mereka Selalu Memulai Hari Mereka Dengan Pelukan dan Ciuman dan Mengakhiri Hari Mereka Dengan Melakukan Hal Yang Sama

Terlalu sering dan terlalu banyak pasangan melupakan hal sederhana ini. Padahal menurut penelitian, para psikolog positif berpendapat bahwa dengan sering melakukan ritual ciuman dan pelukan, hal ini akan menimbulkan energy positif di rumah anda dan memberikan perasaan ketenangan dan kedamaian dalam kehidupan pernikahan anda.

5.Mereka Percaya Sepenuhnya Kepada Pasangannya

Cemburu adalah hal yang buruk, terutama cemburu dan sikap posesif yang berlebihan. Justru dengan melepaskan dan memberikan kepercayaan besar kepada pasangan anda lah yang akan menumbuhkan sikap percaya sepenuhnya. 

Ini sudah menjadi keyakinan saya sejak dulu, bahwa jika saya mencintai seseorang, salah satu cara terbaik dalam mencintainya adalah membiarkannya, mendukungnya dan mencintainya tanpa pamrih. 

Saya tidak pernah membatasi cara pandang, kegiatan dan pilihan yang diambil oleh isteri saya, begitu pula sebaliknya, kecuali saling menasehati untuk hal-hal buruk yang kami lakukan.

6.Mereka Merayakan Bersama Momen-Momen Spesial dan Pencapaian Yang Diraih Oleh Pasangannya

Ulang tahun, ulang tahun pernikahan dan momen-momen special lainnya, pastikan anda selalu rayakan bersama dalam kehangatan keluarga. Tidak hanya itu, setiap anda meraih suatu pencapaian yang anda banggakan, pastikan anda rayakan bersama juga. Kenaikan gaji, promosi, atau prestasi lainnya. Rayakan bersama.

7. Mereka Senantiasa Melakukan Hal-Hal Sepele Namun Romantis Secara Konsisten


Memberi kejutan, bersikap sopan, ramah, meminta tolong, menelepon, makan malam bersama, mengirim bunga atau kado, menonton bersama dan hal-hal sederhana lainnya justru jika dilakukan dengan konsisten akan membuat hubungan anda semakin romantis.

8.Mereka Saling mengerti Perasaan Satu Sama Lain

Pasangan yang berbahagia tidak harus selalu setuju, sejalan dan sefaham satu sama lain, mereka menyadari dan menerima perbedaan itu. Namun mereka juga tahu, bahwa mereka perlu berpikir dari sudut pandang pasangannya juga sesekali dan mengerti apa yang dirasakan, diinginkan dan dibutuhkan oleh pasangannya. 

Mereka saling mengerti satu sama lain..

Sahabatku, pernikahan adalah sebuah ikatan suci yang harus senantiasa anda jaga kesuciannya dan keharmonisannya. 

Harapan saya sederhana, bahwa dunia ini akan diisi lebih banyak keceriaan, harmoni dan romantisme dalam setiap pernikahan yang ada sehingga dunia ini menjadi lebih indah dan penuh kedamaian.

Hidup ini terlalu singkat untuk anda berikan hanya bagi anda sendiri, pastikan pasangan anda juga menikmati setiap keindahan cinta yang anda miliki.

Cinta adalah kata kerja, anda yang harus melakukannya agar cinta bisa dirasakan oleh dunia.

Kapan waktu terbaik melakukannya?

Saat ini juga sahabatku..Ungkapkan cinta dan kasih sayang anda sekarang. Jangan anda tunda-tunda..

Semoga menginspirasi