Kamis, 30 Oktober 2014

Lima Pertanyaan Hebat Yang Akan Merevolusi Hidup Anda Jika Anda Tanyakan Setiap Hari



“Bertanyalah, maka engkau akan mendapatkan jawaban” Pepatah Afrika


Apakah anda pernah merasa bekerja sangat keras dan melakukan lebih banyak hal, namun sepertinya hanya sedikit hasil yang anda dapatkan?

Apakah anda pernah merasa hidup seperti seekor hamster dalam sebuah kandang berbentuk maze yang sibuk kesana kemari namun tidak pernah tahu tujuannya?

Ada beberapa indikator untuk mengukur keberhasilan dalam hidup. Salah satunya adalah seberapa besar kebahagiaan yang anda nikmati dalam setiap detik kehidupan anda, serta seberapa besar manfaat yang anda berikan bagi kehidupan dan orang-orang di sekeliling anda.

Salah satu cara untuk mengukur efektifitas hidup anda adalah dengan melakukan evalusi rutin, baik harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan. 

Anda melakukan penilaian seberapa jauh anda telah melangkah, lalu apakah kehidupan yang anda jalani masih sesuai dengan nilai-nilai yang anda pegang teguh? 

Seberapa jauh gap antara realita dengan mimpi-mimpi yang telah anda tetapkan?

Pertanyaan selanjtutnya adalah seberapa sering anda melakukan evaluasi terhadap efektifitas hidup anda?

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan hebat yang bisa anda ajukan kepada anda setiap harinya untuk mengingatkan anda selalu kepada hal-hal penting dalam hidup anda. 

Cobalah ajukan pertanyaan-pertanyaan hebat ini setiap harinya, terutama di penghujung hari-hari anda setelah melakukan aktifitas harian.

Jika anda bersedia mengorbankan sedikit waktu untuk rutin melakukan evaluasi, serta menjadikannya sebuah kebiasaan, saya yakin, efektifitas kehidupan anda akan meningkat secara dramatis.

Berikut adalah daftar pertanyaan tersebut,

1. Apakah saya melakukan kebaikan dan menolong orang lain hari ini?

Salah satu ukuran keberhasilan dalam hidup adalah seberapa besar anda berkontribusi untuk kebaikan bagi orang lain? Adakah orang lain yang anda bantu hari ini? Apakah anda membantu mengurangi penderitaan yang mereka rasakan? 

Hidup bukan hanya tentang anda. Kebahagiaan anda salah satunya anda raih ketika anda mampu membahagiakan orang lain.

Anda tidak perlu melakukan pengorbanan besar saat menolong orang lain. Anda bisa melakukan hal-hal sederhana, walaupun sebatas memberikan senyuman atau merubah gesture dan bahasa tubuh anda saat berkomunikasi dengan orang lain.

Jika anda belum menolong atau membantu orang lain, mulailah memikirkan hal ini. Bagaimana anda bisa membantu orang lain? Membantu atasan anda? Membantu bawahan anda? Rekan kerja?

2. Apakah saya hidup menjadi diri sendiri dan menjadi original?

Anda tentu mengenal diri anda dengan sangat baik. Anda pasti tahu kapan anda berperilaku dengan menjadi diri sendiri atau anda hanya berpura-pura dan hidup menjadi orang lain. 

Apakah yang anda lakukan hari ini hanya untuk menyenangkan orang lain, berpura-pura, namun sesungguhnya anda tidak demikian?

Terutama dalam kehidupan sosial anda, saat anda berinteraksi dengan banyak orang, apakah anda menjadi diri anda sendiri?

Jadilah diri anda sendiri. Karena itulah yang terpenting.

3. Apakah saya telah melakukan yang terbaik hari ini?

Inilah salah satu rahasia keberhasilan Steve Jobs, yang selalu melakukan evaluasi harian dalam pekerjaannya. 

Jobs mengatakan seperti ini: 

“Menjadi kaya bukanlah hal yang utama bagi saya, yang utama bagi saya adalah pergi ketempat tidur dengan perasaan bahagia karena telah melakukan pekerjaan yang luar biasa hari ini”

Mungkin anda terlalu cepat menghakimi dan menilai kualitas pekerjaan yang anda lakukan setiap harinya. Kadang kita merasa telah melakukan yang terbaik, namun, jika anda mau mengevaluasi lebih dalam, sebenarnya kita hanya sedikit baru melakukan yang terbaik dan mengeluarkan potensi kita.

4. Apakah saya menunjukkan dan memberikan cinta dan kasih sayang?

Setiap hari anda bisa menunjukkan cinta maupun kebencian. Apakah anda menyayangi diri anda hari ini? Apakah anda menunjukkan dan memberikan kasih sayang dan perhatian anda terhadap orang-orang yang anda cintai hari ini? Atau sebaliknya, anda menjadi sumber kebencian dan kesedihan bagi diri anda dan orang lain?

Jika anda ingin menikmati setiap detik dalam hidup anda, perbanyaklah untuk menunjukkan kasih sayang, kepedulian dan cinta kasih anda kepada diri anda dan orang-orang di sekeliling anda, terutama keluarga anda.

5. Apakah saya melakukan satu atau dua hal yang mendekatkan saya kepada mimpi-mimpi saya?

Mimpi anda adalah salah satu elemen penting dalam hidup anda. Tujuan anda. Visi anda. Oleh karena itu penting sekali untuk mengajukan pertanyaan ini untuk mengetahui sejauh mana aktifitas anda memberikan dampak terhadap cita-cita anda.

Ajukan pertanyaan ini dan jika anda menemukan diri anda melenceng dari jalur, segeralah perbaiki dan koreksi arah anda sehingga anda bisa kembali fokus mengarahkan setiap upaya anda untuk mendekatkan anda kepada visi anda.

Sahabatku, setiap momen pasti akan berlalu begitu saja. Namun, jika kita mau berhenti sejenak untuk melakukan evaluasi di atas, saya yakin hidup anda akan lebih efektif dan anda akan meraih lebih banyak hal dalam hidup ini.

“Hidup ini hanya sekali, namun jika anda menjalaninya dengan benar, sekali saja sudah cukup”

Semoga menginspirasi