Senin, 20 Oktober 2014

Delapan Perubahan Yang Akan Anda Rasakan Yang Hanya Akan Anda Alami Saat Menjadi Seorang Ayah




"Suatu hari mungkin aku akan menemukan Sang Pangeran, namun ayahku tetaplah menjadi seorang Raja dalam hidupku"


Hidup tidak lagi sama bagi saya. Hidup terasa lebih penuh warna, penuh makna, kegembiraan, keindahan dan kedamaian dalam hidup saya, sesaat setelah anak pertama kami lahir tujuh bulan lalu. 

Banyak perubahan paradigma maupun perubahan sikap, perilaku dan kebiasaan positif yang kini muncul semenjak anak saya lahir. 

Hari-hari saya lebih diisi antusiasme, cinta dan kehangatan.

Jika anda belum berkeluarga, atau sudah menikah namun belum dikarunia anak, berikut ini adalah perubahan-perubahan yang akan anda rasakan kelak saat anda menjadi seorang ayah. Namun sayangnya, hal-hal ini hanya akan anda alami dan rasakan saat setelah anak anda lahir.

Tidak akan ada orang yang memberitahu hal ini. Jadi, saya merasa ingin berbagi mengenai hal-hal positif berikut.

Semoga menginspirasi,

1. Tidur akan menjadi hal yang mewah dan istimewa bagi anda

Satu perubahan pasti yang akan anda alami dan rasakan perubahannya adalah dalam pola keseharian anda, terutama dalam tidur dan istirahat. 

Jika dulu saat anda masih single atau sudah menikah namun belum dikaruniai anak, anda dengan seenaknya kapan mengatur waktu tidur anda, kini kemewahan itu tidak bisa lagi anda miliki.

Dalam beberapa malam tertentu, anda harus terjaga karena bayi anda menangis tanpa anda tahu alasannya kenapa. Dan kabar baiknya, hal itu akan terjadi berulang kali dan tidak menentu. 

Saya tidak akan pernah melupakan bulan pertama kelahiran anak kami. Saya harus terjaga selama tiga sampai empat kali dalam satu malam dan anda harus menemaninya sampai bayi anda tidur kembali.

2. Anda akan memiliki atau meningkatkan skill time management anda

Anda yang tidak biasanya teratur dalam perencanaan waktu, sekarang dituntut untuk bisa dengan efektif dan efisien mengelola waktu anda. Kapan waktu untuk bekerja, kapan untuk orang tua anda, kapan untuk teman anda, kapan untuk melakukan atau menikmati hobi anda, dan tentu saja, anak anda. 

Sangat sulit melakukannya. Terkadang semua tidak sesuai rencana dan anda harus bisa fleksibel dalam mengelolanya.

3. Di momen pertama kali anda bertatap mata dengan bayi anda, sejak saat itulah dunia anda menjadi sepenuhnya berbeda


Waktu itu hari Jum'at, 7 Maret 2014. Saya berlari menuju rumah sakit tempat isteri saya melahirkan setelah selama tiga jam saya menunggu dan mencari dua kantung darah segar yang dibutuhkan untuk transfusi isteri saya. 


Saya masuk ke dalam sebuah ruangan terpisah. Dan..di sanalah dia tertidur dan terbungkus kain berwarna biru. Saya masuk dan menyapanya untuk pertama kalinya. Saya panggil dia..." Hei..."


Sejenak, dia mendengar suara saya dan mengarahkan tatapannya ke arah mata saya dan melihat datar. Itulah salah satu momen terbaik dalam hidup saya.


Saya tak kuasa menahan tetesan air mata bahagia. Ia begitu ajaib dan menakjubkan. Sejak saat itu juga kebahagiaan besar menutupi hari-hari saya dalam memulai perjalanan hidup bersamanya sepanjang waktu.


Hidup anda akan berubah drastis. Cara pandang anda terhadap uang, terhadap waktu, terhadap karir, terhadap teman, segalanya berubah. Paradigma anda bergeser. Namun, jangan khawatir, HIDUP ANDA BERUBAH MENJADI LEBIH BAIK TENTUNYA!

4. Pengorbanan akan sering anda lakukan dan berikan

Anda tidak akan lagi menjadi orang yang egois dan kasar. Anda menjadi lebih lembut, lebih penyayang dan lebih berempati terhadap isteri anda, atau bahkan orang lain. Bahkan lebih hebatnya lagi, anda akan berusaha lebih keras dan berkorban lebih banyak. 

Baik waktu, energi, uang dan pikiran, semua akan anda berikan lebih demi anak anda. Pengorbanan terbesar yang anda berikan tentunya adalah ego anda. Dan itu memang layak untuk dikorbankan.

5.Anda akan menjadi lebih emosional

Saya ingat betul dulu saat sebelum menikah dan memiliki anak, ketika mendengar anak dari sahabat saya sakit atau bahkan ada yang meninggal, saya tidak bisa melakukan apa-apa selain hanya mengirimkan ucapan duka dan simpati. 

Tapi sekarang, ketika hal sama terjadi, saya merasakan emosi yang begitu kuat. Saya begitu berempati dan menanyakan hal itu lebih detail. 

Begitu juga saat pergi kemanapun, menonton apapun, membaca apapun, emosi saya lebih dominan karena pikiran saya dipenuhi oleh wajah isteri dan anak saya. Anda menjadi orang yang lebih berempati.

6.Anda akan merasa meraih lebih banyak prestasi

Prestasi ini bukan tentang prestasi lulus kuliah, mendapatkan pekerjaan impian atau membeli sesuatu yang anda impikan. 

Prestasi yang anda rasakan sangatlah besar nilainya dan tidak ternilai. Anda akan merasa bahwa anda kini menjadi seorang ayah dan memiliki kesempatan untuk berbuat lebih baik bagi dunia ini dan orang-orang di sekeliling anda. Anda menjadi seorang pelindung, penyayang dan penjaga seseorang yang istimewa.

7.Anda akan menjadi seorang guru dan tindakan anda akan berbicara lebh keras daripada ucapan anda

Anak anda akan meniru apa yang anda ucapkan, apa yang anda lakukan. Oleh karena itu anda sangat paham hal ini dan berusaha mencoba menjadi teladan yang baik untuk anak anda. 

Semua yang anda lakukan dan ucapkan akan diamati dan ditiru oleh anak anda dan hal itu akan sangat berpengaruh dalam perkembangan kehidupan mereka.

8.Anda akan lebih banyak membutuhkan bantuan dari orang lain

Menjadi orang tua adalah tugas paling berat dari setiap tugas yang ada. Tidak mudah dan banyak tantangan yang akan menghadang. Namun, hal itu merupakan hal yang wajar. 

Jadi anda tidak perlu khawatir untuk meminta bantuan kepada orang tua anda, kepada pasangan anda atau kepada sahabat anda yang sama-sama telah menjadi orang tua.

Sahabatku,

Menjadi orang tua adalah sebuah amanah dan tanggung jawab besar. Akan ada banyak pengorbanan yang perlu kita lakukan. Usaha keras, kerja keras bahkan waktu.

Namun, dibalik itu, hal itu merupakan peluang terbesar kita untuk menunjukkan dan membagi rasa cinta dan kasih sayang kita terhadap seseorang spesial yang sangat kita cintai di dunia ini.

Seberapapun besar harga yang harus anda bayar, pengorbanan anda merupakan pengorbanan yang layak dan buah yang anda rasakan sangatlah besar.

Dalam waktu hidup kita yang singkat ini,
gunakanlah setiap momen yang anda miliki untuk menjadi seorang LEGENDA bagi anak anda sendiri.

Semoga kita menjadi orang tua yang hebat,

Salam,