Minggu, 27 Mei 2012

3 Alasan Kenapa Anda Harus Berganti Karir



“Jika kamu tidak menyukainya, jangan lakukan, atau kau akan melakukannya dengan buruk”  Lee Iacocca


Waktu itu saya baru saja keluar dari pekerjaan sebagai customer service di sebuah bank swasta. Sebelumnya 5 tahun telah saya habiskan bekerja di dunia penerbangan.


Saya duduk merancang serangkai bunga dibimbing oleh tutor saya waktu itu di sekitar akhir tahun 2010. Saya sangat senang, karena baru saja diterima menjadi seorang florist (perangkai bunga) untuk bekerja di sebuah kapal pesiar. Selain penghasilan besar yang akan saya dapatkan, saya juga akan mendapatkan kesempatan berkeliling dunia.


Kesempatan yang sangat bagus, di mana hanya beberapa orang saja yang bisa terpilih untuk mendapatkan pekerjaan itu. Tapi tetap saja..


Saya selalu merindukan waktu libur tiba. Saya lelah harus mengerjakan dan berlatih sesuatu yang saya sebenarnya tidak suka. Saya TIDAK SUKA merangkai bunga. Makanya saya tidak melakukannya dengan baik. Walaupun diberi kesempatan untuk mencoba lagi, saya memutuskan mundur dari pekerjaan tersebut. Hingga akhirnya sesuatu mengingatkan kepada saya:


HIDUP TERLALU SINGKAT UNTUK MENGERJAKAN HAL YANG TIDAK KAU SUKAI


Saya mundur, walaupun semua persyaratan telah saya lengkapi, dokumen, biaya training, sertifikasi, dan lain sebagainya.


Walaupun telah menyadari hal di atas, ternyata, saya tidak cukup berani untuk berganti karir. Saya masih kembali ke dunia penerbangan, duduk di depan komputer, mengawasi pergerakan pesawat, mengerjakan hal yang tidak saya sukai. 


Namun kini semua berubah..


SIAPA YANG MAU DIBAYAR UNTUK TIDAK BAHAGIA?



Saya beruntung mengenal salah seorang sahabat saya, Pupung, seorang trainer, yang akhirnya berani memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya, lalu melibatkan dirinya dalam bisnis rumahan.


Ia telah berhasil dan sangat menginspirasi...


Berikut adalah alasan untuk anda berganti karir:


1. GAIRAH

Saya mengamati banyak sekali orang tidak menikmati pekerjaan mereka. Muka mereka begitu terlihat jelas, seakan mereka ingin segera kabur dari ruangan kantor atau menunggu jam kerja selesai. Yang saya pelajari di sini adalah bahwa jika anda tidak mengerjakan apa yang anda sukai, tidak bermain-main dengan pekerjaan anda, tidak merasa antusias, ITU BUKANLAH KARIR ANDA.


GAIRAH lah yang akan membuat anda tetap duduk di meja kerja anda, menulis, membuat karya, atau melakukan apapun berkaitan dengan pekerjaan anda. Dan hal itu sangat INDAH untuk dirasakan.


GAIRAH untuk mengerjakan sesuatu yang anda yakini benar


GAIRAH yang akan membuat mata anda tetap terjaga


GAIRAH yang akan bahkan mengorbankan hidup anda


GAIRAH untuk melakukan sesuatu yang kreatif


GAIRAH untuk menikmati pekerjaan


GAIRAH untuk memiliki cerita yang hebat untuk diceritakan kelak


GAIRAH untuk nanti melihat ke belakang dan mengatakan “Wow..hebat..gw ngelakuin itu?”


GAIRAH untuk menunjukkan cinta


GAIRAH untuk menciptakan perbedaan…



Anda memerlukan GAIRAH itu. Sesuatu yang tidak bisa saya jelaskan. Ini adalah alasan yang sangat bagus untukberganti karir.



2. MENGARTIKAN ‘SUKSES’ SALAH KAPRAH


Kita pikir kita tahu apa itu sukses. Sebenarnya banyak yang tidak mengerti. Sukses bukanlah apa yang dikatakan oleh orang banyak. Bukan tentang uang atau popularitas. Tidak ada yang salah dengan penghasilan, namun kita harus mendefinisikan sukses menurut kita sendiri. Artikan sukses khusus untuk anda sendiri, apakah itu berarti menjadi penyanyi band di retsoran, menjadi ustad, menjadi seorang ahli IT, atau bahkan menjadi seorang pemandu wisata.



3. TERJEBAK DI BALIK TOPENG


Bahkan superhero pun mengalami hal serupa. Ia merasa tidak hidup sesuai dengan apa yang ia inginkan. Daripada menyeret pantat anda ke kantor lalu berpura-pura mengerjakan sesuatu yang bagus, lebih baik anda tidak usah melakukannya.



Well..well..semua tentang keberanian dan pilihan anda bukan?


Salam Hangat,