Rabu, 09 Mei 2012

Menjalani Konsep Hidup Bahagia



“Simplicity is beauty” Pablo Picasso


Saya benar-benar terinspirasi untuk mengikuti langkah Leo dalam zenhabits.net yang telah berhasil meraih banyak keberhasilan dalam hidupnya. Pada tulisan ini, saya akan mengutip sepenuhnya apa yang ia tulis dalam blognya tersebut tentang konsep hidup bahagia. Leo adalah seorang penganut zen, di mana kesederhanaan dalam segala hal adalah hebat.


Leo menulis seperti ini (saya terjemahkan)


Saya bukan orang sangat kaya, saya tidak sering bepergian ke luar negeri, meminum champagne, mengendarai mobil sport atau SUV yang mahal, pergi ke tempat-tempat eksotik di dunia bahkan memiliki sebuah yacht.


Tapi, saya sangat bahagia.



Lebih bahagia dibandingkan tujuh tahun lalu, saat saya harus berjuang melunasi utang saya, memiliki kelebihan berat badan, merokok, menunda-menunda, banyak menghabiskan waktu untuk menonton televisi, melakukan pekerjaan yang tidak saya sukai dan dibayar apa adanya dan memiliki hanya sedikit waktu untuk berkumpul bersama orang yang saya cintai.


Bagaimana saya bisa melalui semua itu dan mencapai keberhasilan dan kebahagiaan saya yang hakiki? Hanya dengan langkah sederhana tapi ampuh. SATU HAL YANG PASTI BENAR adalah bahwa KAU TIDAK MEMBUTUHKAN BANYAK HAL UNTUK HIDUP BAIK DAN BAHAGIA.


Berikut adalah apa yang saya bisa bagikan kepada anda,


1. Untuk membuat anda bahagia, anda hanya membutuhkan sedikit.

Saya hanya butuh beberapa potong pakaian yang baik, makanan yang sehat, buku yang bagus, sebuah notebook, pekerjaan yang berarti dan orang yang saya cintai


2.Dengan menginginkan sedikit, anda bukan berarti miskin

Anda bisa saja menginginkan banyak uang dan kepemilikian, tapi jika anda terus menerus menginginkannya, anda lebih miskin dari orang yang memilki sedikit dan tidak menginginkan apa-apa


3.Fokus kepada sekarang

Hentikan bersikap khawatir akan masa depan. Teramat sering kita ingin berada di suatu tempat, dengan orang lain, melakukan hal lain, dibandingkan dengan menikmati apa yang sudah ada di depan mata mereka. Kita sudah sempurna. Kita sudah begitu hebat. Apa yang kita lakukan sangat hebat!!


4. Bersyukur untuk setiap kenikmatan dan keindahan kecil dalam hidup anda

Untuk setiap gigitan cokelat, untuk setiap kecupan bibir sang kekasih, untuk setiap nafas yang kita hirup, untuk segelas teh yang kita minum, untuk berjalan tanpa alas kaki di padang rerumputan atau tepian pantai. Kenikmatan dan keindahan kecil inilah yang justru sangat berarti


5. Berlatih menyebarkan kasih

Memberikan kasih sayang dan perhatian kepada orang lain akan menimbulkan rasa cinta. Mencintai diri kita berarti menjaga pikiran kita dengan hal-hal baik, berolahraga dan mencintai dengan sepenuh hati kita apa adanya.


Itulah tentang pemahaman konsep bahagia yang ia tulis. Jika anda terinspirasi oleh detail kehidupan Leo, saya sarankan anda mengunjungi blog nya di www.zenhabits.net


Salam hangat dan kasih,

Adi