Sabtu, 05 Mei 2012

Panduan singkat menemukan panggilan jiwa anda



"The supreme accomplishment is to blur the line between work and play" Arnold Toynbee


"Pencapaian terhebat adalah membaurkan pekerjaan dan bermain" Arnold Toynbee


Mengikuti panggilan jiwa adalah hal yang cukup sulit. Menemukannya adalah hal yang lebih sulit.


Alhamdulillah saya merasa sangat beruntung karena telah menemukan passion atau panggilan jiwa saya, menemukan apa yang saya sukai lalu menggabungkannya dalam sebuah pekerjaan. Saya berani katakan, menggabungkan pekerjaan dengan hal yang anda sukai adalah hal yang sangat nikmat dan luar biasa.


Berikut adalah hobi saya, atau kesukaan saya, membaca buku, menonton musik dan film, memotivasi orang, bermain gitar, menulis dan memberikan kelas dan beruntung saya mendapatkan dan melakukan semua itu pada pekerjaan saya sekarang.


Melihat banyak sekali sahabat saya atau murid saya yang terpuruk dalam pekerjaan, tidak menikmati pekerjaan mereka, merasa belum mengeluarkan bakat terbaik mereka, saya ingin berbagi sedikit tips, bagaimana menemukan bakat dan menggabungkan hobi anda,


Berikut saran saya,


1.Ajukan pertanyaan berikut, DALAM HAL APA SAYA BAGUS? Pasti anda perah mendengar pujian dari orang yang anda kenal, bahwa anda hebat dalam suatu hal. Atau penilaian anda sendiri. Di bidang apakah anda sangat hebat? Pelukis, perencana, pembicara, guru, petani, pemimpin, pencipta, penjual?..Renungkan dan jawab pertanyaan di atas.


2. HAL APA YANG MEMBUAT ANDA SANGAT TERTARIK?

Apa yang membuat anda sangat tertarik, dalam pekerjaan misalnya. Atau di luar pekerjaan, seperti hobi misalnya.


3.APA YANG SERING ANDA BACA?

Apa yang anda baca seringkali? Website apa yang anda kunjungi dan baca selama berjam-jam di sana? Saat ke toko buku, ke bagian apa anda datang? Pertanyaan ini akan membantu anda.


4.LAKUKAN PERCOBAAN

Lakukan eksperimen. Pilih dari daftar di atas mana yang paling utama. Lakukanlah, cobalah. Lakukan sekarang


5.PERSEMPIT PILIHAN ANDA

Anda tidak bisa melakukan semuanya. Pilihlah salah satu dari beberap pilihan karir atau hobi yang akan anda jadikan bisnis. Pilih 3-5 hal. Mana yang paling membuat anda tertarik? Mana yang paling terlebih dahulu anda bisa lakukan. Saya ingat saya selalu ingin menjadi guru musik, seorang petani dan peternak, penulis buku fiksi..Tapi saya tidak mungkin bisa melakukan semuanya sekaligus. Saya harus memilih salah satu dan mencobanya terlebih dahulu. Saya memilih dunia pendidikan...


6.HILANGKAN KETAKUTAN

Buang jauh-jauh rasa takut. Lakukan. Melompatlah, selamilah, jalanilah dan nikmati prosesnya. Anda pasti akan mengalami benturan. Ini tandanya anda akurat. Jalan tidak akan selalu mulus. Namun taklukan ketakutan anda. Beranilah mengambil resiko



7. KONSISTEN

Saya ingat apa yang dikatakan oleh Seth Godin, pakar marketing dunia yang mengatakan,

"Jika anda ingin membuat lubang yang sangat besar, anda harus menggali di satu tempat"



Pastikan anda konsisten dalam menjalani pilihan dan rencana anda..