Sabtu, 26 Mei 2012

Memulai Lagi Dari Awal Sebelum Terlambat



"Anda tidak bisa mengatur waktu, yang anda bisa lakukan hanya mengatur diri anda sendiri" Peter F Drucker


Seorang peserta pelatihan yang sudah berusia 40 tahun yang pernah menghadiri kelas saya menanyakan suatu pertanyaan menarik secara pribadi setelah kelas usai. Dia ingin mengetahui:


"Apakah sudah terlambat untuk membangun kebiasaan?"


Saya bisa sangat memahami perasaanya, dengan 3 orang anak dan mendapatkan upah UMP (sekitar 1,5juta), untuk bisa membangun kembali kebiasaan-kebiasaan baru yang lebih produktif pasti akan sangat berat sekali.


Umur saya 28 tahun, dan hampir selama 7 tahun lebih saya mengalami kebuntuan bagaimana sebenarnya mengubah pola hidup dan kebiasaan buruk saya. Kebiasaan boros, merokok, hidup sehat, terlambat kerja, tidak konsisten dengan rencana, menghabiskan waktu menonton TV, membeli barang-barang yang sebenarnya tidak perlu dan kebiasaan tidak produktif lainnya. Saya merasa frustasi dan hampir memutuskan menyerah dengan mengatakan kepada diri saya untuk melepaskan semua keinginan saya.


Ada beberapa hal yang membuat saya kehilangan keberanian. Yaitu takut untuk berubah. Takut untuk  berubahlah yang membuat kita tetap pada tempat kita masing-masing.
Kemudian saya membaca ratusan buku motivasi dan mengikuti seminar-seminar serta pelatihan tentang peningkatan efektifitas pribadi, namun yang saya temukan masih jalan buntu. Bahkan terasa lebih buruk...


Sampai akhirnya momen itu datang, momen yang saya sebut 'pencerahan', sebuah momentum. Momentum di mana anda benar-benar muak dengan diri anda sendiri. Dengan menemukan momentum saya menemukan sebuah blog inspiratif zenhabits.net, sebuah blog yang ditulis dan dikembangkan oleh seseorang yang mengalami hal yang sama dengan saya. Di blog itu saya belajar tentang bagaimana memaafkan diri dan memulai kembali perubahan. (terdaftar oleh majalah TIMES sebagai salah satu blog paling populer di dunia)


Saya menemukan prinsip sederhana dalam berubah..
Apa sebenarnya prinsip-prinsip perubahan yang hebat itu?
Inilah yang dapat saya simpulkan:


1.Mulailah dengan hal-hal yang sangat kecil

Jangan mencoba ingin menjadi profesional dalam 1 tahun, jangan mencoba ingin menyisihkan uang lebih besar, jangan mencoba sehat dengan langsung melakukan jogging 2km, atau bersepeda ke senanyan namun hanya dilakukan sebulan sekali. Mulailah dengan hal yang sangat kecil


2.Rubah satu bidang satu-persatu

Coba buat rencana untuk merubah satu bidang terlebih dahulu, daripada sekaligus. Berikut bidang-bidang perubahan yang bisa anda pilih: WAKTU, KEUANGAN, HUBUNGAN, POLA MAKAN, PEKERJAAN, KESEHATAN, SPIRITUAL, PERKEMBANGAN DIRI. Manakah dari beberapa hal di atas yang akan anda rubah terlebih dahulu.


3.Nikmati prosesnya, jangan terlalu memikirkan hasilnya

Hiduplah hanya saat ini. Fokus kepada hanya saat ini. Inilah waktu yang benar-benar anda miliki


4.Rasakan kebahagiaan saat anda berhasil menaklukan diri sendiri

Dalam bahasa pemrograman, hal ini disebut alogaritma, langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menciptakan perubahan.

Dan itu berhasil saya terapkan...
Saya mulai reguler menulis blog, saya mulai menulis ebook, saya mulai berinvestasi kembali untuk jangka panjang, saya mulai kembali membaca buku, saya mulai mengurangi rokok..


Semoga berhasil sahabat..
Salam hangat dan peluk